Yuk Ketahui Waktu yang Tepat Menggunakan POS untuk Berbisnis

Doc Foto Olsera Merchant/ArmorCoffe
Sumber :
  • Olsera

VIVA – Dalam menjalankan sebuah bisnis, di era modern seperti sekarang anda bisa mendapatkan bantuan dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sistem point of sale (POS) guna mengikuti arus digitalisasi. Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat menggunakan POS untuk bisnis? Yuk ketahui melalui ulasan berikut ini.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Waktu Paling Tepat untuk Menggunakan POS
1. Tidak Bisa Melakukan Monitoring Terhadap Inventaris
Jika sampai sejauh ini anda belum menerapkan sistem point of sale, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Yakni ketika anda mulai merasa kesulitan dalam melakukan monitoring terhadap inventaris toko. Padahal memonitor inventaris dengan cermat merupakan hal yang penting dilakukan agar sebuah bisnis dapat berjalan lancar.

Oleh karena itu, anda bisa mengandalkan sistem POS. Sebab semua inventaris toko nantinya akan terdata dengan baik di dalam sistem. Data yang tertata dengan rapi tentunya akan membantu anda lebih mudah selama monitoring. Bahkan tidak hanya dari satu toko saja, anda bisa memonitor semua cabang sekaligus dengan cermat tanpa perlu datang secara langsung ke sana.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

2. Tidak Bisa Mengakses Data Terkait Bisnis Ketika Bepergian
Sebagai pemilik atau bagian manajerial dalam bisnis, anda mungkin beberapa kali harus melakukan dinas ke luar kota atau bepergian ke suatu tempat untuk keperluan bisnis. Dan selama itu, ada kemungkinan anda membutuhkan data yang berkaitan dengan bisnis. Jika kesulitan untuk mengakses data yang dibutuhkan, maka ini adalah waktu yang tepat menggunakan POS.

Karena point of sale memungkinkan anda untuk mendapat akses ke dalam sistem dari mana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet. Sehingga anda dapat mengetahui data dan informasi yang dibutuhkan meski berada di luar kantor. Jadi tidak perlu lagi pusing menghubungi tim yang ada di kantor untuk mengetahuinya.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

3. Banyak Menghabiskan Waktu dalam Perhitungan Manual
Menghitung penjualan secara manual sudah tentu membutuhkan banyak waktu. Bayangkan jika setiap harinya ada puluhan atau bahkan ratusan transaksi yang harus dihitung. Apakah anda akan tetap berpegang dengan cara manual? Selain membuang waktu, cara seperti itu sangat rentan akan human error. Yang mana ini nantinya dapat berpengaruh terhadap laporan keuangan bisnis.

Jadi bisa dibilang bahwa itu waktu yang tepat menggunakan POS. Karena dengan sistem point of sale, perhitungan sekaligus pembukuan penjualan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Pasalnya prosesnya sudah terkomputerisasi, yang membuat transaksi akan tercatat secara otomatis. Cara ini akan meminimalisir risiko kesalahan perhitungan keuangan dalam bisnis.

Keuntungan Menggunakan Sistem POS
Supaya tidak lagi merasa ragu menggunakan sistem POS untuk bisnis, anda juga sebaiknya mengetahui beberapa keuntungan yang akan diperoleh selama menerapkan sistem aplikasi kasir tersebut. Adapun keuntungan dari point of sale untuk bisnis, baik dalam skala besar maupun kecil, adalah sebagai berikut.
1. Integrasi dan Otomatisasi Pembayaran
Penerapan point of sale akan membantu bisnis dalam mengotomatiskan berbagai tugas. Seperti pemenuhan pesanan, pencatatan transaksi, sampai pengelolaan inventaris. Yang mana semua aktivitas tersebut dapat memakan banyak waktu jika tetap dilakukan secara manual. Aplikasi terintegrasi akan membuat transaksi yang masuk langsung dilaporkan dalam alat CRM.

2. Lebih Sedikit Error
Waktu yang tepat menggunakan POS adalah ketika anda mulai menemukan banyak kekeliruan dalam pencatatan transaksi maupun tugas lainnya dalam bisnis. Sebab keuntungan menerapkan sistem point of sale adalah lebih sedikit error yang akan terjadi. Mengingat bahwa proses pencatatan menggunakan sistem dilakukan secara otomatis. Bahkan hasilnya pun jauh lebih akurat.

3. Meningkatkan Penjualan
Penggunaan sistem point of sale juga secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan. Itu karena proses penjualan dengan mengandalkan POS dapat berjalan lebih cepat. Yang membuat antrean panjang dapat dicegah, sehingga memungkinkan bisnis untuk melayani pelanggan lebih banyak dan meningkatkan penjualan.

4. Menawarkan Banyak Opsi Pembayaran
Saat ini sudah zaman serba digital, jadi masyarakat tidak hanya menggunakan uang kertas saja untuk melakukan pembayaran. Itu berarti potensi pertumbuhan bisnis anda akan lebih terbatas apabila hanya menyediakan kasir konvensional, yang tidak dapat menerima opsi pembayaran lain selain tunai.

Sehingga inilah waktu yang tepat menggunakan POS untuk bisnis. Karena sistem point of sale memungkinkan anda memperluas jumlah opsi pembayaran. Dimana fungsionalitas kartu debit dan kredit yang belakangan menjadi standar pun bisa anda terima. Bahkan ada banyak pengaturan baru yang membuat anda bisa mengatur lebih banyak alternatif pembayaran lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk menggunakan sistem point of sale. Sebab POS akan membantu anda mengelola bisnis lebih baik dan menunjang pertumbuhannya.

Salah satu POS yang direkomendasikan yaitu Olsera karena menawarkan banyak fitur menarik untuk kebutuhan usaha. Anda bisa mengecek fitur fitur dari Olsera lebih lanjut di olsera.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya