Mengingat Rukun Islam, Pondasi Kehidupan Umat Muslim

ilustrasi sholat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rukun Islam ada lima, dan semua umat Muslim wajib mengamalkannya. Paham dan mengamalkan rukun Islam menjadi tolak ukur keimanan seseorang dalam memeluk agama Islam. Sebagai umat Muslim yang patuh dan taat pada segala perintah Allah, kita wajib mengimani rukun Islam.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Di mana rukun Islam menjadi landasan dasar seseorang memeluk agama Islam.  Dan juga, menjadikan pedoman umat Muslim menjalankan kehidupan.vHampir semua umat Muslim, mengetahui rukun Islam mulai dari dirinya masih berusia dini.

Namun, justru sebaliknya ketika sudah beranjak dewasa. Tidak sedikit dari umat Muslim yang melupakan rukun Islam yang sudah diajarkan ketika kita masih kecil.Rukun Islam sendiri merupakan salah satu amalan wajib dan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh umat Muslim di segala penjuru dunia.

Alvin Lim Kecam Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat dan Salat

Ilustrasi kaligrafi Islam.

Photo :
  • ANTARAFOTO/Ismar Patrizki

Sebenarnya, dalam pelaksanaan rukun Islam sendiri terdapat beberapa persyaratan khusus yang menjadikan amalan tersebut wajib, sunah ataupun tidak wajib untuk dilakukan.  Ada lima amalan utama yang wajib dipenuhi oleh semua Muslim sepanjang hidup mereka. Amalan-amalan ini disebut sebagai rukun karena mereka membentuk fondasi kehidupan Muslim.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Di mana artinya: “Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)”

Pada hadis yang dijelaskan di atas, sudah jelas disebutkan jika Islam dibangun atas lima dasar landasan. Di mana landasan tersebut merupakan sebuah pondasi kehidupan agar kita umat Muslim mendapatkan rida dari Allah SWT.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu syahadat laa ilaaha illallah dan Muhammadan Rasulullah, menegakkan salat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rukun Islam terdiri dari lima landasan, yang dianjurkan wajib diamalkan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Berikut ini terdapat rukun Islam yang perlu hambanya ketahui.

1. Syahadat.
2. Shalat.
3. Zakat.
4. Puasa.
5. Haji.

1. Rukun Islam Pertama - Syahadat

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Pixabay/ Hamsan

Rukun Islam yang pertama adalah membaca dua kalimat syahadat, yang berbunyi ""Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi".

Artinya: "Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

2. Rukun Islam Kedua - Sholat

Ilustrasi sujud/sholat

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Sebagai umat Muslim kita wajib menjalankan segala perintah Allah SWT. Dan sholat menjadi salah satunya yang wajib kita kerjakan dan jangan sampai ditinggalkan.

Mendirikan sholat 5 waktu, seperti yang kita ketahui bahwa sholat merupakan pondasi tiang agama. Artinya keimanan seseorang bisa dilihat dari kualitas seorang Muslim melakukan ibadaha sholat. Sholat yang wajib kita lakukan ada lima waktu dan hukumnya fardu/wajib untuk dikerjakan.

Dari Aisyah -radhiallahu ‘anha- istri Nabi -shallallahu alaihi wasallam- beliau bersabda:

“Pertama yang diwajibkan shalat kepada Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- adalah dua rakaat dua rakaat kecuali Maghrib yaitu 3 rakaat. Kemudian Allah menyempurnakan (jumlah rakaat) Dzhuhur, Ashar, dan Isya’ 4 rakaat dalam kondisi hadir (tidak safar) dan ditetapkan shalat di waktu safar sebagaimana kewajiban awal (2 rakaat)” (H.R Ahmad)

- Shubuh
- Dzuhur
- Ashar
- Maghrib
- Isya

3. Rukun Islam Ketiga - Puasa

Ilustrasi puasa

Photo :
  • pixabay

Rukun Islam yang ketiga ada puasa. Di mana puasa merupakan salah satu perintah yang wajib dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Di luar bulan Ramadhan, puasa hukumnya sunnah. 

Di mana pada rukun Islam yang ketiga ini, umat Muslim di muka bumi ini diharuskan untuk menahan hawa dan nafsu mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam.  Dalam rukun Islam yang ketiga ini Allah berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 183.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

4. Zakat

Zakat kaitannya dengan pemberdayaan

Photo :
  • vstory

Tindakan memberikan sebagian dari kekayaan seorang Muslim kepada mereka yang membutuhkan, itu merupakn rukun Islam keempat, yang berarti zakat. Zakat sendiri merupakan amalan yang harus dilakukan oleh umat Muslim setiap bulan suci Ramadhan dengan syarat dan aturan pengerjaan yang sudah ditetapkan. 

Takarannya sendiri ditetapkan agar tidak memberatkan umat sehingga banyak yang melaksanakannya.

Menunaikan zakat wajib dilakukan bagi mereka yang beragama Islam dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya: "Dan dirikanlah shalat, serta tunaikan zakat, dan rukuklah bersama dengan orang-orang yang ruku".

5. Rukun Islam Kelima - Pergi Haji (Bagi yang Mampu)

Jemaah haji sudah berada di Mina untuk persiapan puncak haji tahun 2021

Photo :
  • Twitter @HajMinistry

Ziarah suci ke Mekah diwajibkan bagi setiap Muslim setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka jika itu sesuai kemampuannya.  Ini merupakan rukun Islam kelima, dimana bagi mereka yang mampu dianjurkan untuk pergi haji.

Rukun yang terakhir adalah menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu, hal ini dijelaskan dalam surat Al-Imran ayat 97 yang artinya: "Bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan," (QS Ali Imran: 97)

Menunaikan ibadah di tanah suci adalah hal yang diwajibkan umat Islam yang mampu. Mampu di sini adalah mampu dalam biaya dan fisik.

Mengapa rukun Islam itu penting?

Masing-masing dari lima pilar tersebut bekerja bersama satu sama lain untuk membawa esensi Islam sebagai agama damai dan ketundukan kepada Allah SWT, ke dalam gaya hidup setiap Muslim.

Tauhid dan kepercayaan pada Nabi Muhammad (saw) sebagai utusan terakhir Tuhan adalah prinsip utama Islam di mana segala sesuatu berputar, dan membaca Syahadat  (syahadat) dalam doa setiap hari berfungsi untuk mengingatkan umat Islam tentang keyakinan integral ini. .

Salah (salat) terjadi lima kali sehari, dan menawarkan lima kesempatan berbeda untuk mengingat Allah SWT dan tujuan kita dalam hidup ini untuk beribadah kepada-Nya. Bulan Ramadhan mengharuskan setiap Muslim untuk menahan diri dari kebutuhan dan keinginan paling dasar mereka, seperti makanan, minuman dan hubungan seksual untuk jangka waktu tertentu setiap hari. 

Sementara sedekah (amal) sangat dianjurkan untuk menjadi bagian dari kehidupan Muslim sehari-hari, adalah wajib untuk membayar zakat (sedekah) setiap tahun sekali. Hal ini untuk memastikan bahwa kekayaan terus didistribusikan kepada mereka yang membutuhkannya.

Selama haji (ziarah) , umat Islam masing-masing harus mengenakan pakaian sederhana yang sama dan melakukan tindakan ritual pengabdian yang sama kepada Allah. Dilucuti dari perbedaan duniawi, orang diingatkan bahwa semua sama di hadapan Tuhan.

Fakta tentang rukun Islam

- Seorang Muslim harus berkomitmen untuk setiap pilar dan apa yang diperlukan sepanjang hidup mereka.
- Setiap pilar juga memperhitungkan mereka yang mungkin tidak dapat memenuhi satu atau lebih misalnya karena sakit, menstruasi atau kehamilan dan kurangnya sarana keuangan, antara lain.

Demikian ulasan tentang Rukun Islam yang perlu Anda ketahui, semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan ketakwaan anda kepada Allah SWT. Dan semakin membuat kita sebagai umat Muslim selalu ingin mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dan hati yang tulus, semata-mata hanya ingin mendapatkan rido Allah SWT. 

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Kisah Daud Kim, seorang YouTuber Korea Selatan belakangan ini telah menjadi perbincangan hangat. Ia dituding melakukan donasi untuk membangun masjid hanya demi konten.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024