Sampah Jadi Bahan Bakar di Bali, Suharso: Contoh Ekonomi Sirkular

Menteri PPN Suharso Momoarfa.
Sumber :
  • Putri Muliantari/VIVA.

VIVA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa datang ke Bali untuk mengunjungi contoh nyata ekonomi sirkular.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Di Denpasar, Menteri Suharso  melihat mesin besar yang beroperasi dengan bahan bakarnya sampah.

"Hari ini Saya menyaksikan satu demonstrasi dari ekonomi sirkular yg diterapkan di Bali. Sampah-sampah yang diolah di Bali sedemikian rupa ternyata bisa menghasilkan briket sebagai energi, dan pabrik ini telah menggunakan briket yg terbuat dari sampah," ujar Suharso, Jumat, 8 April 2022.

Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Sampah ini bermula dari residu atau sisa sampah di TPST Samtaku, Goa Gong Jimbaran yang diolah dengan tepat. 

Nyoman Sutarma, sang direktur menjelaskan bahwa residu ini terlebih dahulu dipilah kemudian dilakukan penggilingan, pengeringan baru akhirnya dicetak menjadi RDF (bahan bakar disebut briket) dengan campuran 50:50 untuk organik dan anorganik.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat vaksinasi COVID-19.

Photo :
  • Dok. Bappenas

Tak perlu waktu lama untuk proses pembuatan briket, sehingga tiap harinya Samtaku mampu menghasilkan 20 ton RDF. Bahan bakar ini telah digunakan oleh salah satu perusahaan produsen kemasan atau wadah ikan laut selama 4 bulan.

Dalam waktu 1 hari, PT Kemasan Ciptatama Sempurna menggunakan 2 ton briket, dan hingga saat ini tak ada kendala atau kerusakan mesin.
Selain itu, bahan bakar ini juga dinilai menguntungkan jika dibanding dengan harga batu bara, biaya distribusi dan dampak.

Harga jual batu bara 4.200 sekitar Rp1.200 per kg, sedangkan briket hanya dijual dengan harga Rp700. Bahan bakar ini juga ketika digunakan akan habis terbakar dan tidak menimbulkan sisa, berbeda dengan batu bara, sehingga ini dinilai sebagai contoh ekonomi sirkular.

"Dari segi ekonominya, ini dari sampah kemudian diolah di TPST menjadi briket, jadi energi primer untuk menghasilkan produk lain," sambung Suharso.

Dengan contoh ekonomi sirkular di Bali ini, pemerintah ingin mengubah pola lama menjadi pengolahan Materials Recovery Facility (MRF). Dengan cara mengubah semua sampah menjadi produk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya