Dilantik Jadi Dewan Pelindung Pujakesuma, Ganjar Bicara Persatuan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma, mengukuhkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sebagai Dewan Pelindung DPP Pujakesuma tahun 2021 sampai 2026. Pengukuhan ini dilakukan di Hotel Four Points, Kota Medan, Sumatera Utara. 

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Pada kesempatan ini, Ganjar secara khusus menyampaikan apresiasi untuk paguyuban Pujakesuma yang telah mewadahi orang Jawa di Sumatera. 

"Saya mengapresiasi sebuah perjalanan panjang bagaimana ikatan persaudaraan ini dibikin guyub saling menengok membantu," ujar Ganjar dalam keterangannya, Sabtu, 9 April 2022.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Ganjar mengatakan, disituasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, justru yang diperlukan masyarakat adalah paguyuban seperti Pujakesuma ini. 

Sebab, lanjut Ganjar, rasa semangat gotong royong dan saling peduli antar sesama akan selalu bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. 

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Mungkin kelihatan sederhana, tapi tanpa disadari itulah yang mesti kita lakukan hari ini. Dan Pujakesuma sudah melakukan itu dalam kurun waktu puluhan tahun," ungkap Ganjar. 

Ganjar menambahkan, jika rasa guyub ini bisa dipelihara terus-menerus, apalagi menyebar ke seluruh daerah se-nusantara, maka bisa menumbuhkan persatuan yang makin solid. 

"Maka persatuan ini perlu. Kalau ini bisa dilakukan Pujakesuma di manapun berada bisa memberikan manfaat, itu joss," tandas Ganjar. 

Perlu diketahui, PKB Pujakesuma adalah perkumpulan atau wadah orang Jawa yang lahir dan tinggal di tanah Sumatera yang didirikan tahun 1980 silam. 

Namun, tidak hanya tempat berkumpul saja, Pujakesuma juga membuat program-program yang dijalankan oleh pengurus dan anggota Pujakesuma, sehingga kehadiran Pujakesuma bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Baca juga: Ganjar: Pandemi Dorong Semua Orang Melakukan Revolusi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya