Gak Nyangka Harga Mobil Listrik Buatan RI Lebih dari Setengah Miliar

Test drive Hyundai Ioniq 5
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Hyundai Ioniq 5 diperkenalkan di Indonesia International Motor Show, atau IIMS di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 31 Maret 2022. Menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, atau di Cikarang, Jawa Barat.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Sebelum resmi dihadirkan ke hadapan publik, Hyundai Ioniq 5 sudah dilihat langsung oleh Presiden Jokowi di pabrik pembuatannya. Ditawarkan dalam beberapa varian dengan jarak tempuh, dan tenaga berbeda-beda.

Tipe Prime Standard dan Siganture Standard dapat melaju dari diam ke 100 kilometer per jam dalam waktu 8,5 detik. Untuk ketahahan baterai menggerakan roda, kedua varian tersebut bisa berjalan 384 km sampai baterai habis.

Pengakuan Sales yang Mobil Jualannya Ditabrakkan Anak Kecil di Mall

Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: HMID

Sedangkan untuk tipe Prime Long Range, dan Signature Long Range dapat melesat ke 100 km per jam hanya memerlukan waktu 7,4 detik. Dan jarak tempuhnya bisa mencaoai 451 km, sapai 481 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Viral Bocah Tabrakkan Mobil Listrik Chery di Dalam Mall, Netizen: Alhamdulillah SPK

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai berbeda-beda, menggunakan fasilitas wall charger model AC, untuk tipe terendah hanya perlu 5 jam, namun varian tertinggi sampai 6 jam mengingat kapasitas baterai lebih besar.

Dibangun menggunakan platform E-GMP, mobil pelahap seterum itu dapat memanafaatkan tempat pengisian baterai dengan daya 400-800 Volt tanpa memerlukan adaptor tambahan. Artinya tinggal colok di sumber kelistrikan.

Sebab Hyundai mengandalkan teknologi pertama yang dipatenkan di dunia dengan sistem multi-charging, yang mengoperasikan motor dan inverter secara bersaamaan untuk meningkatkan daya dari 400 volt menjadi 800 volt secara stabil.

Bermodal spesifikasi tersebut, PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) percaya diri bahwa mobil tanpa emisi itu akan mendapatkan respon positif. Sehingga saat pertama kali dipamerakan, pengunjung dibolehkan untuk melakukan pemesanan.

Namun sayang harganya belum diumumkan, padahal berdasarkan keterangan resminya Hyundai Ioniq 5 sudah mengantongi 800 surat pemesanan kendaraan, atau SPK selama 11 hari di pameran IIMS.

‘Saya sangat berterima kasih kepada para pelanggan di Indonesia yang memiliki minat tinggi,dan menaruh kepercayaan terhadap Hyundai,” ujar Presiden Direktur PT HMI SungJong Ha dikutip Viva Otomotif dari keterangannya, Rabu 13 April 2022.

Berdasarkan bocoran beberapa tenaga penjual diler Hyundai, harga keempat varian Ioniq 5 cukup bersinggungngan dengan Kona EV, dan lebih mahal dari Ioniq yang sudah dijual lebih dulu dengan status impor utuh dari Korea.

Melalui bocoran brosur digital yang diberikan, harga Hyundai Ioniq 5 tipe Prima Standard Rp688 juta, Prime Long Range Rp729 juta, Siganture Standard Rp749 juta, dan Signature Long Range tembus di angka Rp799 juta on the road DKI.

Harga fantastis untuk sebuah mobil listrik buatan lokal, di luar harapan bahwa kendaraan pelahap seterum yang diproduksi di dalam negeri akan memiliki banderol terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya