PUPR Kucurkan Rp4,5 Triliun untuk Padat Karya Tunai Jalan dan Jembatan

Program Padat Karya Tunai (PKT) PUPR bidang jalan dan jembatan.
Sumber :
  • PUPR

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,5 triliun untuk program Padat Karya Tunai (PKT) di bidang jalan dan jembatan tahun 2022.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, khusus untuk wilayah Jawa Barat telah dialokasikan anggaran sebesar Rp315 miliar, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 18.874 orang. 

"Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis 14 April 2022.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dokumentasi BNPB.

"Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical & social distancing untuk pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

Basuki menambahkan, PKT bidang jalan dan jembatan wilayah Jawa Barat meliputi padat karya rutin jalan dengan alokasi dana Rp3,7 miliar (4.492 tenaga kerja), padat karya rutin jembatan Rp18 miliar (3.214 tenaga kerja), padat karya revitalisasi drainase Rp78 miliar (6.724 tenaga kerja).

"Kemudian padat karya non rutin lainnya Rp184 miliar bagi 4.443 tenaga kerja," ujarnya.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan, Provinsi Jawa Barat memiliki 1.769,44 km jalan nasional dan 34.919,70 m jembatan, yang pengelolaannya terbagi dalam 6 wilayah.

Wilayah I yaitu Bogor-Jasinga-Bogor-Puncak-Cianjur, wilayah II Rajamandala-Padalarang-Purwakarta, wilayah III Banten-Pelabuhan Ratu-Cidaun-Soreang, wilayah IV Bekasi-Cikampek-Palimanan-Cirebon-Losari, wilayah V Padalarang-Bandung-Sumedang-Cirebon, dan wilayah VI Cidaun-Pangandaran-Banjar-Ciamis-Kuningan. 

"Kegiatan PKT TA 2022 sudah mulai dilaksanakan di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon untuk persiapan mudik Lebaran 2022. Lingkup pekerjaannya yaitu pengecatan jembatan, pengecatan marka jalan, pemotongan rumput di bahu dan median jalan, pembersihan saluran air, dan pengecatan median," ujar Wilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya