Jumlah Pulau di Indonesia Terbaru, Mulai dari Kecil hingga Terbesar

jumlah pulau di Indonesia
Sumber :
  • http://www.djmbp.esdm.go.id

VIVA – Jumlah pulau di Indonesia tentunya sangat banyak mulai dari pulau yang kecil hingga pulau yang paling besar. Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang dimana terdapat belasan ribu pulau yang berada di dalamnya

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahui berapa jumlah pulau di Indonesia secara keseluruhannya. Sehingga ingin mengetahui dan penasaran ada berapa jumlah pulau di Indonesia sebenarnya saat ini. Melansir dari laman indonesiabaik.id, jumlah pulau di Indonesia yang tercatat hingga tahun 2021 adalah sebanyak 17.000 pulau. 

Penambahan jumlah pulau di Indonesia tersebut nantinya akan didaftarkan oleh pemerintah dalam pertemuan United Nation Group of Expert on Geographical Names (UNGEGN) di tahun 2022 ini. 

UNHCR Indonesia Bantah soal Cuitan Minta Pengungsi Rohingya Diberi KTP dan Pulau Kosong

Penambahan jumlah pulau di Indonesia

Pulau Pulau di Indonesia

Photo :
  • U-Report
1.218 Artefak Tanpa Dokumen Sah Disita PSDKP dari Penyelam Tradisional

Pada tahun 2020 lalu, jumlah pulau di Indonesia masih tercatat sebanyak 16.771 pulau pada Gazeter Republik Indonesia. Itu berarti ada penambahan sebanyak 229 pulau dari hasil penelaahan pada tahun 2021 lalu. Pulau-pulau yang baru ditambahkan tersebut bukanlah pulau yang baru muncul ke daratan, tapi baru terdata dan terverifikasi oleh BIG dan kementerian serta lembaga lain.

Provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah pulau terbanyak:

  • Papua Barat 4.514
  • Kepulauan Riau 2.025
  • Sulawesi Tengah 1.572
  • Maluku 1.337
  • Maluku Utara 837

Sejarah pulau di Indonesia

Pada tahun 1972, jumlah pulau di Indonesia tercatat ada sebanyak 6.127 pulau oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kemudian pada tahun 1987, jumlah pulau di Indonesia bertambah menjadi 17.503 pulau berdasarkan pernyataan dari Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI). Ada 5.707 pulau yang telah terverifikasi dan sudah memiliki nama.

Sementara pada tahun 2004, terdapat  2.870 pulau yang sudah memiliki nama dan 9.634 pulau yang belum memiliki nama berdasarkan laporan dari para gubernur dan wali kota tentang pulau-pulau di Indonesia. Dari sekian banyaknya pulau, hanya ada sekitar 6.000 pulau saja yang dihuni oleh manusia. 

Jumlah pulau besar yang ada di Indonesia

1. Pulau Papua

Pulau Kofiau, Raja Ampat, Papua Barat.

Photo :
  • www.albertkokuw.nl

Salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia yakni adalah pulau Papua. Pulau ini terletak di di bagian timur Indonesia. Disebut pulau terbesar dari pulau-pulau yang lainnya karena Papua memiliki luas yang mencapai 786.000 km persegi. Terdapat juga puncak tertinggi di dalam pulau Papua yakni Puncak Jaya Wijaya yang tingginya mencapai 4.884 mdpl. Pulau Papua terbagi menjadi dua wilayah yakni bagian Barat yang masuk wilayah NKRI dan bagian Timur yang masuk wilayah Negara Papua Nugini.

2. Pulau Kalimantan

Peta Kalimantan

Photo :

Pulau terbesar selanjutnya ada Pulau Kalimantan yang memiliki luas mencapai 743.330 km persegi. Kalimantan juga dikenal dengan sebutan Borneo ini terbagi menjadi tiga wilayah yakni bagian Selatan masuk wilayah Indonesia, bagian Utara masuk bagian Malaysia dan bagian Utara lainnya masuk ke wilayah negara Brunei Darussalam.

Sementara wilayah Pulau Kalimantan termasuk ke dalam kedaulatan Indonesia yang dibagi lagi menjadi 5 provinsi. Kelima provinsi tersebut diantaranya adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 

Diketahui ada sebanyak 13.787.831 penduduk Indonesia yang menempati kelima provinsi di Kalimantan tersebut. Terdapat juga puncak tertinggi di pulau Kalimantan tersebut yakni Kinabalu dengan tinggi yang mencapai 4.095 mdpl.

3. Pulau Sumatera

Peta Sumatera

Photo :
  • bmg.go.id

Pulau terbesar di Indonesia yang ada di urutan ketiga yakni adalah pulau Sumatera. Pulau yang memiliki luas wilayah sebesar 443.065 km persegi ini terbagi menjadi beberapa wilayah lagi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. 

Kepulauan Riau menjadi yang terbanyak sebagai penyumbang pulau dengan jumlah 1.994. Jumlah tersebut bisa dibilang hampir setengahnya dari keseluruhan pulau yang ada di Sumatera. Pulau ini ditempati oleh sebanyak 50.630.931 penduduk. Terdapat pula puncak tertinggi di pulau ini yang bernama Gunung Kerinci dengan ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl.

4. Pulau Sulawesi

peta sulawesi

Photo :
  • antara

Pulau terbesar keempat di Indonesia adalah Pulau Sulawesi yang memiliki luas sekitar 174.600 km persegi. Pulau ini juga terbagi lagi menjadi 6 wilayah yang diantaranya adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo. 

Jumlah keseluruhan penduduknya dari keenam provinsi dan pulau tersebut sebesar 17.371.782 jiwa. Sedangkan puncak tertingginya yakni Rantemario yang ada di pulau tersebut ketinggiannya mencapai 3.478 mdpl.

5. Pulau Jawa

Peta lokasi gempa Jawa Timur.

Photo :
  • InaTEWS

Di posisi kelima ada Pulau Jawa sebagai pulau terbesar di Indonesia. Luas wilayah dari pulau ini mencapai 126.700 km persegi dengan jumlah penduduk diperkirakan ada lebih dari 136 juta jiwa. 

Sama seperti pulau-pulau sebelumnya, pulau ini terbagi menjadi 6 wilayah yang diantaranya adalah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur dan Yogyakarta. Tentu Pulau Jawa juga memiliki puncak tertingginya yakni Semeru dengan ketinggian yang mencapai 3.676 mdpl.

Jumlah pulau kecil yang ada di Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia juga termasuk dengan pulau-pulau kecilnya. Meskipun pulau-pulau yang ukurannya besar hanya ada lima, namun pulau-pulau kecilnya sangat banyak dan tersebar di berbagai pulau besar di atas. Berikut ini jumlah pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia:

  • Pulau Sumatera: 3.665 pulau
  • Pulau Sulawesi: 2.924 pulau
  • Pulau Kalimantan: 932 pulau
  • Pulau jawa: 757 pulau
  • Pulau Papua: 598 pulau

Jumlah pulau-pulau kecil yang sudah disebutkan di atas, ada sebanyak 549 pulau yang memang sudah ada namanya. Sementara sisanya yakni 49 pulau belum memiliki nama. 

Itulah penjelasan mengenai jumlah pulau di Indonesia yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Belitong Geopark, Situs UNESCO Global Geopark di Pulau Belitung

Mengenal Lebih Dekat Belitong Geopark, Situs UNESCO Global Geopark di Pulau Belitung

Belitong Geopark adalah salah satu dari delapan situs UNESCO Global Geopark yang ditambahkan pada tahun 2021 lalu merupakan kawasan geografis yang terintegrasi.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024