8 cara menghilangkan Hickey atau Cupang

Kalung karya Tracy Kiss
Sumber :
  • tracykiss.com

VIVA –  Setelah sesi ranjang yang cukup menguras tenaga, tak disadari ternyata ada beberapa bercak merah di leher lengan atau area tubuh lainnya.

5 Tips Menghilangkan Bekas Cupang di Leher dengan Cepat

Ternyata pasanganmu terlalu bersemangat sehingga meninggalkan jejak di beberapa bagian tubuh, termasuk di area yang terlihat. Umumnya orang menyebut ini dengan Cupang.

Hickey atau Cupang adalah tanda sementara yang dapat muncul setelah seseorang menghisap kulit orang lain, biasanya terjadi saat berhubungan seks.

Pasta Gigi Diklaim Bisa Hilangkan Bekas Cupang di Leher, Ternyata Ini Faktanya

Hickey sering muncul seperti bekas kemerahan, merah muda atau ungu saat pertama kali muncul. Seiring dengan berjalannya waktu, warna cupang akan berubah karena tubuh kembali menyerap darah yang terkumpul tadi.

Hickey atau yang lebih dikenal Cupang  dapat timbul di bagian tubuh mana saja, tetapi pada umumnya orang cenderung melakukannya di bagian leher..

Bisa Tingkatkan Gairah, Tapi Cupang di Leher Menyimpan Bahaya

memar tersebut terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil dibawah permukaan kulit. Hickey dapat bertahan beberapa hari atau lebih.

Dilansir dari Cleveland Clinic, dermatology dr. Alok Vij, M.D. menerangkan bahwa faktor yang menyebabkan bekas Hickey lebih kecil dibandingkan faktortraima lainnya, oleh karena itu, bekas cupang tidak butuh waktu lama untuk hilang, tidak seperti memar lainnya.

“Trauma yang menyebabkan bekas hickey tidak sebesar trauma yang menyebabkan memar lain, seperti wajah lebam akibat pukulan. Demikian,cupang dapat lebih cepat hilang dibandingkan memar lainnya.” Terangnya.

Banyak tips yang tersebar di internet mengenai (cara mudah menghilangkan bekas cupang) namun tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bekas Hickey dapat hilang dalam semalam.

Yang harus kamu lakukan adalah merawatnya agar tidak begitu terlihat dan mempercepat proses penyembuhannya. Penasaran ? dikutip dari berbagai sumber berikut 8 cara menghilangkan bekas hickey di leher yang dapat kamu praktikan.

1.       Pijat lembut area hickey

Pijat kesuburan

Photo :
  • parenting.firstcry.com

Pertama kamu dapat mencoba pijat ringan area memar bertujuan untuk melancarkan aliran darah dan membantu memar hilang lebih cepat. Cukup berikan pijatan ringan dengan menggerakan jari kamu dengan gerakan memutar selama 2-3 menit setiap pijatan. ulangi 2 sampai 3 kali dihari yang sama.

2.       Kompres menggunakan handuk hangat

Ilustrasi mengeringkan wajah dengan handuk

Photo :
  • instagram.com/pibuupage

Cara berikutnya adalah, kamu dapat mencoba menempelkan handuk yang diberikan sedikit air hangat ke hickey, suhu hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah di area memar. Dengan begitu, bekas hickey dapat hilang lebih cepat, cara mengaplikasikannya cukup mudah.

-          Tuangkan air hangat ke handuk

-          Taruh handuk di area hicky

-          Diamkan sampai suhu air kembali normal.

Ulangi proses ini tiga atau empat kali dengan durasi 15 menit sehari,jika air sudah kembali ke suhu normal, kembali rendam ke dalam air hangat untuk bias digunakan lagi, tidak ada waktu spesifik untuk mengulangi proses ini hingga beberapa hari, cukup lakukan sampai bekas hickey sedikit memudar.

3.       Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Kamu juga dapat memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas hickey, baik di leher atau area kulit lainnya.

Menurut sebuah studi dari Iranian Journal of Medical Sciences, lidah buaya alias aloe vera dapat dipercaya mengurangi peradangan serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Lidah buaya juga dapat meningkatkan elastisitas dan memperkuat kulit.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menempelkan gel lidah buaya ke daerah kulit yang terdapat bekas hickey di leher maupun di area kulit lainnya.

4.       Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan penyembuhan luka. Meskipun kekurangan vitamin K sangat jarang terjadi, itu bias membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah memar dan pendarahan. Satu studi tahun 2002 menyelidiki penggunaan vitamin K topikal pada orang yang menjalani perawatan laser untuk vena spider wajah.

Peserta yang menggunakan krim vitamin K setelah perawatan laser mengurangi memar dibandingkan dengan mereka yang menggunakan krim plasebo.

Namun, menggunakan krim sebelum perawatan tidak mencegah memar terjadi. Seseorang juga bisa makan makanan yang kaya vitamin K atau mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan penyembuhan.

Sumber vitamin K yang baik meliputi sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, daging, produk susu, dan telur, minyak nabati, khususnya kedelai dan minyak canola, buah-buahan tertentu, seperti blueberry , anggur, dan buah ara.

 

5.       Minyak Lavender

Minyak lavender

Photo :
  • Pinkvilla

Minyak esensial (essential oil) yang terbuat dari bahan-bahan alami telah dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Diantaranya adalah pemakaian minyak lavender yang bisa juga Anda pilih sebagai cara menghilangkan bekas hickey.

Berdasarkan sebuah studi dari Journal of Obstetrics and Gynaecology, minyak lavender diyakini mampu mengurangi memar pada luka jahitan wanita yang baru saja melewati proses persalinan.

Anda bisa mengaplikasikan beberapa tetes minyak lavender ke bagian kulit yang terdapat bekas hickey. Akan tetapi, tidak semua minyak esensial aman untuk dioleskan langsung ke kulit.

Sebaiknya, diskusikan dengan dokter mengenai penggunaan bahan-bahan herbal untuk mengobati memar atau bekas hickey yang Anda alami.

 

6.       Minyak theobroma

Sesuai namanya, minyak theobroma atau cocoa butter adalah lemak nabati dari biji kakao. Jika kamu sering beli skin care, cocoa butter banyak ditemukan di dalam kandungannya. Bahan ini terbukti dapat menghaluskan bekas luka, stretch mark, kerutan, dan masalah kulit lain.

Hal ini karena cocoa butter kaya akan asam lemak dan fitokimia yang dapat menyehatkan kulit, meningkatkan kekencangan kulit dan memperlambat penuaan.

Oleh karena itu, cocoa butter dapat kamu andalkan untuk mempercepat pudarnya bekas hickey. Coba oleskan lotion cocoa butter ke bekas hickey yang kamu alami, oleskan sekali atau dua kali sehari.

 

7.       Buah Nanas

Gambar buah nanas.

Photo :
  • U-Report

Nanas mengandung sumber enzim bromelain. Selain mengurangi rasa sakit dan nyeri, saat dioleskan ke kulit bromelain pada nanas dapat meredakan inflamasi dan pembengkakan.

Oleskan sepotong nanas langsung ke area bekas hickey. Kamu dapat melakukannya sekali dalam sehari, karena dikhawatirkan sifat asam pada nanas menyebabkan iritasi pada kulit.

 

 8.  Tumbuhan Arnica

Taman Bunga Matahari di Kediri, Jawa Timur.

Photo :
  • U-Report

Arnica atau dalam Bahasa ilmiah dikenal dengan sebutan Arnica Montana adalah tanaman yang tumbuh di beberapa daerah di Asia Timur, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Orang telah lama menggunakan arnica sebagai obat tradisional untuk rasa sakit, bengkak, dan memar. Arnica tersedia dalam bentuk salep, gel, dan pelet homeopati.

Sebuah tinjauan sistematis pada 2014 menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan topikal arnica dalam dosis di atas 10 persen mungkin memiliki efek sederhana pada penyembuhan memar. Saat membeli gel atau salep arnica, mungkin yang terbaik adalah memilih yang mengandung setidaknya 20 persen arnica.

Itulah tadi berbagai cara menghilangkan bekas cupang yang bisa kamu coba di rumah. Kuncinya adalah bersabar karena tanda memar tidak bisa dihilangkan dalam waktu singkat.

Untuk mencegah timbulnya hickey atau cupang, Anda bisa mencoba aktivitas lainnya yang tak kalah menggairahkan sebelum berhubungan intim dengan pasangan, misalnya teknik foreplay tertentu.

Apabila memar tidak kunjung hilang setelah 4 minggu atau muncul rasa nyeri yang disertai bengkak di bagian cupang, jangan tunda waktu untuk periksa ke dokter.

Hal tersebut bisa jadi menandakan adanya kondisi kesehatan yang lebih serius.

Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke Garut, Jawa Barat

Mensos Pastikan Program KIS Lansia Sudah Ada Sejak Lama

Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahkan menyebut dana lansia memiliki komponen lain, yang tertuang dalam kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2023