Dibungkam Frankfurt, Barcelona Tersingkir dari Liga Europa

Pertandingan Barcelona vs Eintracht Frankfurt.
Sumber :
  • Twitter/@EuropaLeague

VIVA – Barcelona menjamu Eintracht Frankfurt dalam pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Europa 2021/22 di Camp Nou, pada Jumat 15 April 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, Barcelona secara mengejutkan dibungkam Frankfurt.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Skor imbang 1-1 pada pertemuan pertama membuat kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk lolos. Namun, Barcelona tampil kurang greget di awal laga. Sedangkan, Frankfurt malah mampu mendominasi jalannya permainan.

Bahkan, pertandingan baru berjalan dua menit, Frankfurt sudah dihadiahi penalti oleh wasit setelah Eric Garcia melanggar Jesper Lindstrom di kotak terlarang. Filip Kostic yang bertugas sebagai algojo sukses membawa Frankfurt unggul pada menit keempat.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Tertinggal, Barcelona berusaha keras untuk mencetak gol balasan. Akan tetapi, penampilan disiplin dari wakil Bundesliga tersebut membuat Barcelona seperti kehilangan arah untuk melancarkan serangan.

Alih-alih menyamakan skor, Barcelona justru kembali kebobolan pada menit ke-36. Rafael Borre berhasil menaklukkan Marc-Andre ter Stegen dengan aksinya usai memanfaatkan umpan terukur dari Filip Kostic.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Secara mengejutkan, Barcelona tertinggal 0-2 dari Eintracht Frankfurt.

Usai turun minum, Barcelona langsung meningkatkan intensitas serangan mereka. Sementara itu, Frankfurt tetap tampil disiplin seperti di paruh pertama.

Akan tetapi, setiap serangan yang dibangun Barcelona belum ada yang bisa membuahkan gol. Hal itu akibat rapatnya pertahanan serta agresivitas yang ditunjukkan oleh Frankfurt.

Justru Frankfurt yang berhasil menambah keunggulan mereka pada menit 67. Filip Kostic mencetak brace di laga ini dengan sepakan keras kaki kirinya usai mendapatkan umpan matang dari Daichi Kamada.

Barcelona sebenarnya mampu memperkecil kedudukan pada menit 84. Sayangnya, gol yang diciptakan Sergio Busquets dianulir oleh wasit setelah meninjau VAR karena sudah berada dalam posisi offside sebelum menerima bola.

Usaha Barcelona untuk memangkas defisit gol baru terwujud pada menit 90+1. Tembakan keras Sergio Busquets berhasil meluncur mulus ke dalam gawang Frankfurt.

Pada menit 90+9, Barcelona mendapatkan hadiah penalti setelah pemain pengganti Luuk De Jong dilanggar oleh Evan Ndicka di kotak terlarang. Wasit pun mengganjar Ndicka kartu kuning kedua sehingga Frankfurt harus bermain dengan 10 orang sebelum laga berakhir.

Penalti Barcelona diambil oleh Memphis Depay. Eksekusi Depay sempat ditepis Kevin Trapp hingga membentur mistar gawang sebelum melewati garis gawang.

Namun, gol tersebut belum membantu Barcelona untuk mengejar ketinggalan agregat. Hingga laga berakhir, Frankfurt berhasil mengunci kemenangan 3-2 sekaligus memberikan kekalahan perdana Barcelona dalam 15 laga terakhir di semua kompetisi.

Hasil ini mengantarkan Frankfurt ke semifinal Liga Europa 2021/22 usai unggul agregat 4-3 atas Barcelona. Di semifinal, Frankfurt akan menghadapi West Ham United.

Susunan pemain

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen (PG); Oscar Mingueza, Ronald Araujo, Eric Garcia, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Pierre-Emerick Aubameyang, Ferran Torres.

Eintracht Frankfurt: Kevin Trapp (PG); Almamy Toure, Martin Hinteregger, Evan Ndicka; Ansgar Knauff, Kristijan Jakic, Sebastian Rode, Filip Kostic; Jesper Lindstrom, Rafael Borre, Daichi Kamada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya