Dukung Kapolri, Sahroni: Wabah Ini Menyebar Cepat

Ahmad Sahroni
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni, angkat bicara terkait langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut menerbitkan instruksi kepada seluruh Polda dan jajarannya untuk melakukan upaya pencegahan dan pengawasan terhadap wabah Mulut dan Kuku 

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Sahroni menilai keputusan Kapolri itu sudah tepat. Menurut Sahroni kesigapan Polri dalam merespons wabah PMK yang saat ini tengah menyebar di beberapa daerah sangat dibutuhkan.

"Saya mendukung penuh instruksi yang disampaikan Kapolri terkait upaya pencegahan dan pengawasan wabah PMK ini. Karena wabah ini juga sudah menyebar cukup cepat, awalnya ditemukan di Jawa Timur, sekarang sudah ditemukan pula di Aceh hingga Lombok," kata Sahroni dalam keterangannya, Sabtu 14 Mei 2022.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

Anggota Komisi II DPR RI, Ahmad Sahroni

Photo :
  • istimewa

Menurut Sahroni, jika tidak cepat menanggapi kejadian ini, maka dikhawatirkan wabah PMK akan semakin meluas.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

"Tentu bila tidak ada gerak cepat yang dilakukan, wabah ini akan semakin luas penyebarannya dan akan sangat mengganggu kestabilan pangan kita. Untuk itu saya apresiasi juga kepada Kapolri atas langkah tanggap yang sudah dilakukan dalam merespons wabah PMK," ujar Sahroni

Sahroni berharap, Polri melalui Polda yang ada di berbagai daerah mengawasi fenomena wabah PMK ini. Dia berharap adanya instruksi ini bisa membantu menjaga kondusifitas suasana dan kestabilan harga pangan terlebih menjelang hari raya Idul Adha.

"Nantinya kan ini akan diawasi oleh seluruh Polda yang bekerjasama dengan dinas peternakan daerah. Ya saya harap bisa membantu mencegah pergeseran penularan penyakit tersebut ke luar wilayah lainnya," kata Sahroni 

"Jadi bisa terjaga dengan baik. Karena ini akan sangat berkaitan dengan persoalan pangan, selain itu juga pengendalian harga di pasar, hingga nasib para peternak kita yang sudah sangat menunggu momen lebaran Idul Adha," ujar Sahroni.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut menerbitkan instruksi kepada seluruh Polda dan jajarannya untuk melakukan upaya pencegahan dan pengawasan terhadap wabah Mulut dan Kuku yang tengah merebak sejak beberapa waktu lalu. Instruksi tersebut terdapat pada 8 poin yang tertuang berdasarkan surat telegram dengan nomor STR/395/OPS/2022 tanggal 11 Mei 2022 tentang arahan dalam rangka darurat penanganan PMK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya