Pesan untuk Timnas U-23, Jangan Senang Dulu Cuma Menang Lawan Filipina

Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Pengamat sepakbola nasional, Tommy Welly menyebut performa Timnas Indonesia U-23 mengalami peningkatan setelah dibantai Vietnam.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Namun, peningkatan itu sebanding dengan kekuatan lawan yang dihadapi yakni Timor Leste dan Filipina.

Timnas U-23 memang berhasil bangkit setelah takluk 0-3 dari Vietnam di laga perdana. Egy Maulana Vikri dan kolega membantai Timor Leste 4-1 dan Filipina 4-0.

PSSI: Klub Liga 1 Tak Punya Alasan Lagi Lepas Pemain ke Timnas Indonesia

Menurut Tommy Welly, Timnas U-23 tak boleh berpuas diri dengan hasil itu. Sebab, kualitas Timor Leste dan Filipina bukan selevel dengan Indonesia dalam beberapa dekade terakhir.

"Ada perbaikan setelah pertandingan pertama, kedua dan ketiga. Perbaikannya apa, saya lihat lebih terorganisir lebih ada ketenangan," kata Tommy Welly kepada VIVA, Sabtu 14 Mei 2022.

Shin Tae-yong Tepati Janji, Korea Selatan Resmi Tunjuk Pelatih Baru

"Cuma kita melihat perbaikan itu secara proporsional. Timor Leste dan Filipina dalam kontek Asia Tenggara bukan lawan yang sepadan, bukan level kita. Tapi, perbaikan ini positif untuk membuka peluang ke semifinal," ucapnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Towel ini mengatakan, performa Timnas U-23 saat ini baru sebatas mengobati kekecewaan pecinta sepakbola nasional, bukan memuaskan.

"Menurut saya publik hanya terobati bukan terpuaskan. Jadi tidak usah kebiasaan baru menang lawan Timor leste, seolah- olah menantang Vietnam di final, tidak perlu," tegasnya.

Timnas U-23 masih menyisakan satu laga melawan Myanmar pada Minggu 15 Mei 2022. Kemenangan menjadi mutlak ntuk Garuda Muda jika ingin lolos ke babak semifinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya