Kepercayaan Konsumen Naik, Pengamat: Itu Kelompok Menengah Atas

Ilustrasi pusat perbelanjaan atau mal.
Sumber :
  • Malay Mail

VIVA – Hasil survei Danareksa Research Institute (DRI) mencatat Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) pada April 2022 mengalami peningkatan menjadi 83,9 dari bulan sebelumnya sebesar 83,8.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, peningkatan IKK yang terjadi hanya terdapat pada kelompok menengah ke atas. 

Menurut dia, di mana masalah utama dari kepercayaan konsumen untuk berbelanja tercermin dari belum meningkatnya optimisme kesempatan kerja.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Baca juga: Kata Polisi Soal Dideportasinya Ustaz Abdul Somad dari Singapura

“Pembelian barang pun lebih bersifat primary goods seperti sembako, bahan bakar minyak (BBM), listrik,” ujar Bhima saat dihubungi VIVA, Selasa 17 Mei 2022.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Bhima menyatakan, pada pembelian barang durable goods atau barang tahan lama masih belum kembali optimis. Dari hal itu mengindikasikan bahwa pemulihan konsumsi terjadi tetapi lebih disebabkan pelonggaran mobilitas.

“Dari sisi pendapatan masyarakat belum mengejar kenaikan harga barang. Ini munculkan gap ketimpangan pemulihan antara kelompok konsumen bawah dan atas,” jelasnya.

Adapun berdasarkan survei DRI, IKK yang meningkat hanya terjadi di luar Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Di mana hal itu didorong oleh membaiknya kondisi ekonomi lokal saat ini dan pasar tenaga kerja.

Konsumen berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan di Semarang/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA/R. Rekotomo

Untuk IKK di DKI Jakarta relatif stabil. Sedangkan IKK di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami penurunan karena kondisi ekonomi lokal yang diperkirakan akan memburuk.

Sementara itu, berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia pada April 2022 mengindikasikan Indeks Keyakinan Konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Hal itu tercermin dari IKK April 2022 yang meningkat sebesar 113,1 dari 111,0 pada bulan sebelumnya.

Keyakinan konsumen meningkat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Peningkatan tersebut berkaitan dengan persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama yang meningkat.

Dari hal itu BI memprediksi ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis dengan indeks lebih dari 100. Meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang oleh ekspektasi penghasilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya