Kedutaan Besar AS Kembali Dibuka di Keiv Setelah Tutup 3 Bulan

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Keiv Ukraina.
Sumber :
  • tvOnenews

VIVA – Pemerintah Amerika Serikat membuka kembali kedutaan besar di Kiev, Ukraina usai tutup karena perang invasi Rusia. Selama tiga bulan lamanya kedutaan tersebut ditutup.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

"Rakyat Ukraina, dengan bantuan keamanan kami, telah mempertahankan tanah air mereka dalam menghadapi invasi Rusia yang tidak berbudi, dan, sebagai akibatnya, Bintang dan Garis terbang di atas kedutaan sekali lagi," kata Menteri Luar Negeri Antony pada Kamis 19 Mei 2022.

"Kami berdiri dengan bangga, dan terus mendukung, pemerintah dan rakyat Ukraina saat mereka membela negara mereka dari perang agresi brutal Kremlin," ucapnya, dikutip dari tvOnenews.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Departemen Luar Negeri menutup kedutaan di Kiev pada 14 Februari, 10 hari sebelum pasukan Rusia menyerbu perbatasan. Para diplomat AS terus menawarkan layanan dari kota barat jauh Lviv, terkadang bermalam di negara tetangga Polandia karena masalah keamanan.

Kembalinya ke Kiev terjadi beberapa minggu setelah pasukan Ukraina mengalahkan upaya Rusia untuk menguasai Ukraina utara dan ibu kota, dan perang menjadi terpusat di timur dan selatan negara itu.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

"Saat kami mengambil langkah penting ini, kami telah mengajukan langkah-langkah tambahan untuk meningkatkan keselamatan rekan-rekan kami yang kembali ke Kyiv dan telah meningkatkan langkah-langkah dan protokol keamanan kami," kata Blinken. 

VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024