Mengenal UTBK-SBMPTN 2022 dan Jadwal Lengkapnya

19.487 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK-SBMPTN di Universitas Brawijaya
Sumber :
  • antara

VIVA – Pendaftaran ujian tertulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi (UTBK-SBMPTN) tahun 2022 telah dibuka.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Dilansir dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah jalur seleksi/proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri dengan menggunakan pola ujian tulis berbasis komputer (UTBK). UTBK diselenggarakan secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara serentak di Indonesia.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Tujuan UTBK

UTBK bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Calon mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti tes secara fleksibel dengan memilih lokasi dan waktu tes sesuai keinginan mereka.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Tujuan SBMPTN

SBMPTN diselenggarakan dengan tujuan menyeleksi calon mahasiswa yang dianggap mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Hasil keputusan diambil berdasarkan hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Calon mahasiswa juga dapat memilih PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri secara lintas wilayah atau diluar wilayah domisili mereka tinggal. SBMPTN juga bertujuan membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya.

Pemilihan program studi

Setiap calon mahasiswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Calon mahasiswa diwajibkan memilih program studi yang mereka minati, pemilihan program studi adalah satu hal penting dalam mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. Calon mahasiswa harus mempertimbangkan dengan matang keputusan dalam memilih program studi (prodi).

Calon mahasiswa juga dapat mempertimbangkan prodi yang akan mereka pilih lewat daya tampung dan besaran peminat yang ingin masuk ke prodi tersebut.

Lalu bagaimana cara mencari tahu daya tampung masing-masing prodi dan besaran peminat dari prodi tersebut?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyediakan fitur pada laman resminya, ltmpt.ac.id, berikut caranya:

Cara cek daya tampung SBMPTN 2022

  • Buka laman ltmpt.ac.id.
  • Lalu Klik menu "Daftar PTN".
  • Kemudian klik pilihan "SBMPTN".
  • Setelahnya akan muncul daftar PTN. Pilih PTN yang ingin Anda cari tahu.
  • Lalu klik "Lihat Prodi" untuk melihat daya tampung 2022 dan peminat 2021. Terdapat dua pilihan prodi, yakni Saintek dan Soshum.

Materi UTBK SBMPTN 2022

Materi UTBK ditambah yang semula hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Namun tahun ini ditambah dengan tes Bahasa Inggris.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

Dalam TKA calon mahasiswa akan diukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Penambahan materi Bahasa inggris berdasarkan masukan dari banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena bahasa Inggris dianggap materi penting yang dapat menunjang perkuliahan.

Kelompok UTBK

Kelompok ujian UTBK sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu dibagi menjadi 3 yaitu: Sains dan Teknologi (Saintek). Sosial dan Humaniora (Soshum). Campuran (Saintek dan Soshum).

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

  • Pembuatan akun LTMPT: 14 Februari - 17 Maret 2022.
  • Sosialisasi UTBK-SBMPTN: 1 Desember 2021 - 15 April 2022.
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret - 15 April 2022.
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 17-23 Mei 2022.
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 28 Mei - 3 Juni 2022.
  • Pengumuman hasil SBMPTN: 23 Juni 2022
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 25 Juni - 31 Juli 2022.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya