Cek Fakta: PM Singapura Dijemput Joe Biden, Jokowi Dijemput Dubes

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Twitter yang mengunggah foto Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Perdana Menteri Singapura yang diklaim sebagai momen Biden menjemput Lee tetapi sang presiden tidak menjemput Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter dengan nama pengguna “keuangannews_id” mengunggah sebuah tautan artikel dalam situs keuangannews[dot]id yang menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersedia menjemput Perdana Menteri Singapura ketika mendarat di bandara, sedangkan Presiden Joko Widodo hanya dijemput oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Unggahan tersebut juga menyertakan foto Biden dengan Lee.

Menko Airlangga Undang Pengusaha Singapura Kembangkan Bisnis di RI Lewat ISBF 2024

“Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?”

HASIL CEK FAKTA

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk di Baltimore

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat maupun Kantor Perdana Menteri Singapura bahwa Biden menjemput Lee di bandara. Situs resmi Gedung Putih hanya menyatakan bahwa Biden akan menyambut seluruh kepala negara ASEAN di Gedung Putih, sedangkan situs resmi Kantor Perdana Menteri Singapura hanya memberitakan rencana keberangkatan Lee ke Amerika Serikat.

Foto yang terdapat dalam unggahan itu merupakan foto Biden dan Lee yang diambil di Gedung Putih saat Biden menyambut kepala negara ASEAN yang lain, termasuk Jokowi. Lee dan Jokowi juga mengunggah foto mereka bersama Biden dengan latar belakang yang sama di akun Twitter mereka masing-masing.

Kapal yang Tabrak Jembatan di Baltimore Berbendera Singapura, Bernama Dali

Dengan demikian, Twitter dengan nama pengguna “keuangannews_id” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

KESIMPULAN

Tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat maupun Kantor Perdana Menteri Singapura bahwa Presiden Joe Biden menjemput Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9804

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya