9 Universitas Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai 1 Miliar

Oxford University
Sumber :

VIVA – Menempuh pendidikan tinggi tampaknya adalah impian setiap orang. Apalagi bisa mengeyam pendidikan yang bagus dan bergengsi. Tak sedikit universitas di dunia yang menawarkan pendidikan yang sangat bagus, namun dengan harga yang fantastis pula. Harga yang harus dibayarkan tampaknya memang sesuai dengan pendidikan yang akan diterima

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Berikut adalah 9 universitas termahal di dunia

1. Harvey Mudd College

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Universitas termahal di dunia yang pertama adalah Harvey Mudd College. Universitas yang didirikan pada tahun 1954 ini menawarkan program studi sains dan matematika. Jika dirupiahkan, harga yang ditawarkan oleh universitas ini adalah sekitar 1,1 miliar rupiah atau US$ 80.000, harga yang cukup fantastis untuk mengenyam bangku kuliah. 

Forbes menempatkan Harvey Mudd College pada posisi ke 18 pada urutan universitas terbaik di Amerika. 

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

2.. Sarah Lawrence College

Universitas termahal di Dunia yang kedua adalah Sarah Lawrence College yang berlokasi di Wenchester Country, New York, Amerika Serikat. Kampus dengan dominan warna coklat ini didirikan oleh William van Duzer Lawrence pada 1926. Kampus ini menawarkan program biaya paling sedikit Rp 540 juta jika dirupiahkan. 

Salah satu program yang membuat kampus ini menjadi salah satu yang termahal adalah kerena fakultas di kampus ini akan membimbing tiap siswanya secara personal dan memberikan perhatian dua kali lebih banyak. 

3. New York University 

New York University menjadi salah satu dengan kampus harga fantastis. Berlokasi di pusat kota New York, pertahun, mahasiswa yang ini menempuh pendidikan lanjutan di sini harus mengeluarkan paling sedikit Rp 510 juta rupiah pertahunnya. New York University atau disingkat NYU menawarkan lebih dari 10 jurusan seperti seni, komunikasi, keperawatan, dan lainnya. NYU juga terkenal banyak "mencetak" lulusan dengan reputasi yang baik. 

4. Columbia University

Columbia University yang terletak di New York memang sudah terkenal dengan bagusnya edukasi yang ditawarkan serta fasilitas yang lengkap. Universitas tertua di Amerika Serikat ini berdiri pada tahun 1754. Menawarkan pendidikan yang top class, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai $66,000 atau Rp 934 juta, tergantung jurusan yang diambil. 

5. Parsons School of Design

Kampus ini adalah salah satu kampus dengan jurusan seni terbaik di dunia. Harga untuk menempuh pendidikan di sini pun tak main - main, yaitu sebesar $67,000 atau sekitar Rp 954 juta. Kampus ini sudah terbukti menghasilkan lulusan yang baik dalam Seni Rupa, Fotografi, Seni Lukis, Studi Media, Film, dan lainnya. Kampus ini terletak di New York.

6. Wesleyan University

Awal berdiri, Wesleyan adalah kampus yang dikhususkan untuk para lelaki. Biaya untuk bisa kuliah di universitas ini adalah $65,000 atau Rp 935 juta rupiah. Wesleyan University menawarkan banyak jurusan, namun yang terbaik adalah jurusan Teater, Sastra Bahasa dan Film. Kampus ini terletak di Middletown, Amerika Serikat. 

7. Claremont McKenna College

Kampus yang berlokasi di California ini memiliki jurusan yang berfokus di bidang ekonomi, pemerintahan dan hubungan masyarakat. Berdiri pada tahun 1946, Claremont McKenna College menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Amerika Serikat. Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menempuh pendidikan di sini adalah US$ 58.065 atau Rp 851 juta rupiah. 

8. University of Oxford

Universitas yang terletak di Inggris ini adalah universitas tertua di Inggris dan kedua di dunia, yang didirikan pada tahun 1096. Kualitas pendidikan yang ditawarkan tentu tak main - main, dengan harga $62,000 atau Rp 882 juta per tahun. 

9. Johns Hopkins University

Universitas termahal di dunia terakhir versi Viva adalah The Johns Hopkins University yang terletak di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Universitas ini adalah universitas penelitian tertua di Amerika, yang berdiri psda tahub 1876. Harga yang haris dibayar jika ingin mengenyam pendidikan di sini adalah sekitar $70,000 atau Rp 996 juta.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya