10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Makhluk Mitos

Ilustrasi putri duyung.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Makhluk mitos berakar kuat dalam sebuah cerita rakyat dan mitologi, dan banyak yang menjadi inspirasi untuk beberapa genre film baik film blockbuster dan film animasi favorit. 

Misteri 2 Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Hal itulah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang menyukai makhluk-makhluk mitos atau fantasy fiction. Pasalnya, mereka memiliki cerita dan bentuk yang menarik perhatian kita. 

Tak sedikit yang tahu tentang bagaimana wujud mereka, cara interaksi dengan manusia, hingga kehidupan dalam dunia ini menarik perhatian manusia. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan di atas, beberapa makhluk mitos ini kerap dijadikan bahan untuk pembuatan sebuah film.

Mitos Paling Aneh di Sepakbola, Osama Bin Laden hingga Nicky Hayden Meninggal Gegara Gol Pemain Ini?

Kendati demian terdapat banyak aspek dari sejarah makhluk-makhluk ini dikenal, dan beberapa lainnya kurang begitu.  Dalam daftar ini hanya beberapa fakta yang kurang diketahui tentang makhluk mitologis. Kira-kira apa saja?
7. Air mata putri duyung

Ilustrasi putri duyung.

Photo :
  • Website/Philippine Mermaid Swimming Academy

10 Mitos dalam Tahun Baru Imlek, Ada Tradisi Pakai Celana Dalam Merah

Putri duyung awalnya dianggap setengah wanita, setengah burung, tetapi bagian burung ditukar dengan setengah ikan setelah perselisihan dengan Muses. Gambar putri duyung dilukis selama Zaman Batu sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Selama berabad-abad, mereka dikaitkan dengan kemalangan dan kematian, terutama bagi para pelaut yang menerjang laut lepas. Mereka yang menginginkan perlindungan ekstra akan membawa batu permata aquamarine seperti yang dikatakan bahwa aquamarine terbuat dari air mata putri duyung dan akan melindungi pelaut selama perjalanan.

Salah satu legenda putri duyung paling awal lahir di Suriah dan berpusat di sekitar dewi kesuburan, Atargatis. Sering digambarkan dalam bentuk putri duyung, Atargatis dianggap oleh banyak orang sebagai putri duyung "asli".Selama abad pertengahan, ratusan laporan penampakan putri duyung mengakibatkan keberadaan putri duyung diterima sebagai fakta bagi banyak orang.

6. Kekuatan Super Phoenix

Phoniex

Photo :

Menurut legenda, hanya satu phoenix yang hidup pada satu waktu, dan masing-masing hidup selama 500 tahun. Saat waktu phoenix semakin dekat, ia akan membangun sarang dan membakar dirinya sendiri.

Tak lama, phoenix baru akan bangkit dari abu di tempatnya.Orang Yunani dan Mesir melihat phoenix sebagai simbol matahari, dengan satu mitos yang mengatakan bahwa Apollo akan menghentikan matahari dan keretanya untuk mendengarkan lagu fajar burung yang luar biasa.

Burung itu juga melambangkan pembaruan dan kelahiran kembali, dan karena pernah hidup di Firdaus, ia tidak pernah benar-benar mati.Phoenix juga diyakini memiliki beberapa kekuatan dan kemampuan, termasuk sentuhan yang membakar yang dapat membuat manusia menjadi abu hanya dalam hitungan detik.

Mereka super cepat, dengan kekuatan luar biasa serta kemampuan teleportasi dan perubahan bentuk. Beberapa percaya bahwa satu phoenix masih menghuni Bumi pada waktu tertentu, menunggu kematian dan kelahiran kembali yang tak terhindarkan. 

5. Kisah Jin Modern

Ilustrasi malaikat dan jin kafir dampingi manusia.

Photo :
  • U-Report

Jin, juga dikenal sebagai jin atau jin, adalah makhluk gaib yang ditemukan dalam mitologi Islam. Roh-roh ini juga memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan terbuat dari api dan udara tanpa asap. Lebih jauh lagi, mereka dianggap berdimensi ganda dan dapat hidup di alam yang terlihat dan tidak terlihat.

Sementara jin kebanyakan dianggap dalam bentuk jin, seperti pengabul keinginan yang terlihat dalam film Aladdin , mereka juga dapat digunakan untuk perlindungan. Sebuah cerita modern menceritakan tentang seorang gadis yang telah diintimidasi tanpa henti di sekolah asramanya.

Dalam satu insiden seperti itu, si penindas mencabut rantai dari leher gadis itu. Segera gadis itu mulai berbicara dengan suara laki-laki yang dalam sementara tubuhnya tertekuk dan terpelintir. Pada saat yang sama, lidah si pengganggu membengkak ke titik di mana dia berjuang untuk bernapas.

Hanya ketika guru dipanggil ke tempat kejadian, semuanya kembali normal.Segera diketahui bahwa orang tua gadis yang diganggu itu mendapatkan rantai yang dikenakan putri mereka dari seorang dukun. Rantai itu berisi jin. 

4. Banshee

Banshee

Photo :

Banshee adalah jenis peri lain yang ditemukan dalam cerita rakyat Irlandia. Jeritan banshee yang terkenal dikatakan sebagai pertanda kematian. Beberapa bahkan percaya bahwa setiap keluarga di Irlandia memiliki banshee sendiri.

Banshee dikatakan sebagai roh yang muncul dalam beberapa bentuk, termasuk wanita tanpa kepala yang membawa semangkuk darah dan wanita tua dengan kerudung menutupi wajahnya. Begitu mereka menyadari seseorang melihat mereka, mereka menghilang menjadi awan kabut.

Beberapa banshees sangat marah karena mereka membenci keluarga mereka saat mereka masih hidup. Dalam keadaan tanpa tubuh, lolongan mereka dikatakan berarti bahwa mereka sedang merayakan kematian anggota keluarga yang mereka benci.

Untuk alasan ini, mereka adalah salah satu makhluk yang paling ditakuti di Irlandia.Sampai hari ini, kepercayaan terhadap banshee tetap kuat. Pada tahun 2018, Willy Good dari Cork, Irlandia, membagikan kisah mengerikannya.

Dia mendengar lolongan mengerikan bertahun-tahun yang lalu dan awalnya mengira itu berasal dari kucing yang berkeliaran di sekitar rumahnya. Namun, suara itu bergerak di sekitar dindingnya, dan kucing tidak bisa ditemukan di mana pun.

Itu berlangsung selama 45 menit dan kemudian tiba-tiba berhenti. Willy akhirnya melupakannya dan pergi tidur.Keesokan paginya dia mendapat kabar buruk bahwa tetangganya—seorang ayah dan anak perempuan yang tinggal tidak jauh darinya—keduanya meninggal pada malam hari.

Willy kemudian yakin bahwa lebih dari satu banshee telah mengunjungi rumahnya untuk memperingatkannya tentang tragedi yang akan datang.

3. Unicorn Mencegah Perang

Ilustrasi unicorn.

Photo :
  • www.techcrunch.com

Unicorn adalah salah satu makhluk mitos yang paling dicintai di dunia. Mereka biasanya digambarkan dengan bulu putih bersinar dan tanduk dan surai warna-warni. Makhluk legendaris itu diyakini memiliki kemampuan magis, dan budaya kuno menggambarkannya sebagai hewan sungguhan.

Itu bahkan termasuk dalam buku-buku sejarah alam pada satu titik. Sejak awal Gereja, unicorn juga telah diadopsi sebagai simbol Kristus dan kekuatannya yang tak terkalahkan.Legenda mengatakan bahwa unicorn berperan penting dalam keputusan Jenghis Khan untuk tidak menaklukkan India.

Khan sedang dalam perjalanan dengan pasukannya ketika dia menemukan seekor unicorn. Unicorn membungkuk kepadanya, dan Khan melihat ini sebagai pesan dari almarhum ayahnya dan memutuskan untuk mengembalikan pasukannya. 

2. Dari Buggy Man ke Boogeyman

Makhluk menyeramkan

Photo :

Diperkirakan bahwa legenda boogeyman atau bogeyman mungkin berasal dari Skotlandia. Namun, agak sulit untuk menentukan negara mana yang mungkin mengaitkan cerita pertama karena legenda itu begitu tersebar luas.

Salah satu penggambaran boogeyman yang paling terkenal adalah monster yang bersembunyi di bawah tempat tidur di kamar anak-anak. boogeyman mengambil bentuk yang berbeda tergantung pada negara: di Inggris, itu adalah hantu bayangan; di Jerman, itu adalah goblin; di Rusia, itu Baba Yaga; dan di Meksiko, itu adalah La Llorona.

Di Inggris, diyakini bahwa boogeyman pernah menjadi "nama panggilan" dari pria buggy yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan orang mati selama Wabah Hitam. Karena pria buggy ini terus-menerus berhubungan dengan orang mati, mereka sering tertular penyakit dan menjadi kurus dan sangat pucat. Penampilan inilah yang dianggap menyebabkan mereka akhirnya disebut boogeymen. 

1. Misteri Naga

Ilustrasi naga menyemburkan api

Photo :
  • Instagram/@thedragonsociety

Sama seperti boogeymen, tidak jelas di mana tepatnya legenda naga pertama kali muncul. Apa yang diketahui adalah bahwa mereka telah dideskripsikan sejak zaman Yunani kuno.

Selama ribuan tahun, orang tidak tahu apa arti fosil raksasa yang kadang-kadang ditemukan di seluruh dunia. Oleh karena itu, hubungan dibuat dengan naga, bukan dinosaurus. Naga segera dilihat sebagai penjahat yang perlu dibunuh oleh pejuang pemberani, dan mereka dilemparkan dalam peran Setan oleh gereja Kristen. 

Mulut naga yang bernapas api juga diyakini sebagai pintu masuk neraka.Cerita rakyat abad pertengahan termasuk kisah St. Margaret dari Antiokhia, yang dijebloskan ke penjara karena kepercayaan Kristennya. 

Legenda mengatakan bahwa seekor naga bersembunyi di sel penjara, dan begitu dia memasukinya, naga itu menelannya seluruhnya. Tuhan memberi St. Margaret kekuatan untuk menembus perut naga, yang menyebabkan kelangsungan hidupnya dan kematian naga. St Margaret akhirnya menjadi santo pelindung persalinan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya