Untuk Para Calon Ibu, Kenali Ciri-ciri Hamil Lebih Dini

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • freepik by cookie_studio

VIVA – Bagi seseorang yang menantikan kehamilan tentunya tanda-tanda kehamilan pasti ditunggu. Oleh karena itu penting bagi kamu, calon ibu, untuk mengenali ciri-ciri hamil sedini mungkin. 

Penjual Kopi Temukan Jasad Wanita Tanpa Kepala di Tangerang

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi bulanan yang teratur, tanda kehamilan paling awal dan paling dapat diandalkan adalah telat haid. Namun, jika kamu memiliki siklus menstruasi yang terbilang tidak teratur, bisa jadi itu kehamilan, tetapi mungkin ada alasan lain untuk periode yang terlewat, seperti penyakit, stres, dan aktivitas berat.

Ciri-ciri hamil setiap perempuan berbeda-beda. Terkadang terjadi sama salah satu wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan tidak terjadi pada wanita lain. Oleh sebab itu, penting untuk kamu calon ibu mengetahui ciri-ciri hami lebih dini. Simak ciri-ciri hamil yang dilansir dari berbagai sumber di bawah ini.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Ciri-ciri Hamil yang Sebagian Besar Terjadi:

Ciri-ciri atau tanda kehamilan dapat membantu kamu mengetahui lebih awal tentang kehadiran sang jabang bayi. Berikut ini lima ciri-ciri hamil yang dikutip dari My Cleveland Clinic:

Viral Seorang Wanita Terapkan Hidup Hemat Ekstrem: Bisa Menabung Rp1,1 Miliar

1. Menstruasi yang Terlewat

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik

Ciri-ciri hamil yang paling pertama dan jelas adalah menstruasi yang terlewat. Setelah pembuahan terjadi, tubuh kamu menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim. Ini berarti siklus kamu telah berhenti dan tidak akan mengalami menstruasi lagi sampai setelah bayi lahir. Namun, tidak datang bulan tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Kamu juga dapat melewatkan menstruasi karena stres, olahraga berlebihan, diet, ketidakseimbangan hormon, dan faktor lain yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

2. Sering Pergi ke Kamar Mandi

Wanita terlalu sering buang air kecil.

Photo :
  • U-Report

Ciri-ciri hamil yang kedua adalah kamu mungkin menyadari kalau kamu buang air kecil lebih sering. Ini sebenarnya terjadi karena kami memiliki lebih banyak darah daripada sebelumnya. Selama kehamilan, suplai darah tubuh akan meningkat. Ginjal menyaring darah kamu dan membuang limbah ekstra. Limbah yang dikeluarkan dalam bentuk urin. Semakin banyak darah dalam tubuh, makan semakin banyak kamu harus buang air kecil.

3. Kelelahan (merasa lelah)

Ilustrasi wanita kelelahan.

Photo :
  • U-Report

Banyak wanita merasa sangat lelah di awal kehamilan. Ciri-ciri hamil ini terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron. Sama halnya dengan gejala awal kehamilan lainnya, kelelahan cenderung membaik pada trimester kedua. Namun, itu kembali pada trimester ketiga bagi banyak wanita.

4. Mual

Ilustrasi muntah

Photo :
  • U-Report

Mual dapat terjadi dua minggu setelah kehamilan atau dapat dimulai beberapa bulan setelah pembuahan. Tidak semua orang mengalami mual dan ada berbagai tingkat mual. Kamu dapat mengalami mual tanpa muntah, ini berubah dari wanita ke wanita. Sekitar setengah dari wanita hamil mengalami muntah. Meskipun mual merupakan ciri-ciri hamil, itu bisa menjadi masalah jika kamu mengalami dehidrasi. Wanita yang tidak bisa menahan makanan dan cairan karena mual yang ekstrem bisa mengalami kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum. Hubungi penyedia layanan kesehatan kamu jika mengalami mual dan dehidrasi ekstrem.

5. Payudara sakit (dan membesar)

ilustasi payudara

Photo :
  • U-Report

Payudara bisa menjadi lembut saat disentuh selama kehamilan. Rasa sakitnya mungkin mirip dengan yang dirasakan payudara sebelum menstruasi, hanya saja lebih dari itu. Warna puting mungkin juga mulai menggelap dan membesar. Rasa sakit ini bersifat sementara dan memudar setelah tubuh kamu terbiasa dengan peningkatan hormon. Kamu mungkin juga memperhatikan bahwa payudara membesar dan bra terasa lebih kencang dari biasanya.

Ciri-ciri Hamil Lainnya:

Selain lima ciri-ciri hamil di atas, ada pula tanda lain yang menunjukkan jika sedang hamil. Karena ciri-ciri hamil bervariasi dari wanita ke wanita. Seorang wanita mungkin mengalami setiap gejala umum, hanya sedikit, atau tidak sama sekali. Berikut ini ciri-ciri awal kehamilan menurut Nichd Nih Gov, meliputi:

1. Sedikit Pendarahan.

Ilustrasi pendarahan vagina

Photo :
  • Times of India

Satu studi menunjukkan sebanyak 25% wanita hamil mengalami sedikit pendarahan atau bercak yang warnanya lebih terang daripada darah menstruasi normal.2 Ini biasanya terjadi pada saat implantasi sel telur yang dibuahi (sekitar 6 sampai 12 hari setelah pembuahan) tetapi umum dalam 12 minggu pertama kehamilan.

2. Sakit Kepala

ibu hamil sakit kepala.

Photo :
  • U-Report

Peningkatan hormon yang tiba-tiba dapat memicu sakit kepala di awal kehamilan
Mual dan/atau muntah. Gejala ini dapat dimulai dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan dan dapat berlanjut selama kehamilan. 

3. Mengidam Makanan atau Keengganan.

Makanan untuk ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Mengidam tiba-tiba atau mengembangkan ketidaksukaan terhadap makanan favorit keduanya umum terjadi selama kehamilan. Keinginan atau keengganan makanan dapat bertahan selama kehamilan atau bervariasi selama periode ini.

4. Perubahan Suasana Hati.

Ilustrasi badmood.

Photo :
  • U-Report

Perubahan hormon selama kehamilan sering menyebabkan perubahan suasana hati yang tajam. Ini dapat terjadi sedini beberapa minggu setelah pembuahan.

Tes Kehamilan

Setelah kamu merasakan ciri-ciri hamil di atas, sesegera mungkin harus memeriksa untuk mengetahui apakah kamu hamil. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kamu hamil, dilansir dari Pregnancy Birth Baby.

1. Tes urin

Alat Tes Kehamilan

Photo :
  • U-Report

Kamu dapat membeli alat tes urin kehamilan di rumah dari apotek setempat. Tes memeriksa hormon kehamilan, human chorionic gonadotrophin (hCG).

Dengan tes kehamilan di rumah:

  • Pastikan kamu mengikuti petunjuk pada tes dengan sangat hati-hati untuk mendapatkan hasil yang paling akurat.
  • Tunggu hingga setidaknya seminggu setelah periode yang kamu harapkan sebelum pengujian untuk mendapatkan hasil yang paling dapat diandalkan.
  • Jika kamu menggunakan obat kesuburan atau seorang wanita yang lebih tua, kemungkinan akan mendapatkan hasil yang salah.
  • Jika kamu menggunakan alat kehamilan di rumah, selalu temui dokter untuk memastikan kehamilan.
  • Kamu juga dapat melakukan tes urin pada fasilitas kesehatan ke dokter atau di klinik keluarga berencana.

2. Tes darah

Ilustrasi Tes Darah

Photo :
  • pixabay/publicdomainpictures

Tes darah akan memberi kamu hasil yang dapat yang paling akurat, bahkan pada tahap awal kehamilan. Dokter akan menyarankan tes, yang akan memeriksa hCG dalam darah si calon ibu. Kamu dapat melakukan tes ini segera setelah kamu melewatkan menstruasi.

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024