2023, Sekitar 6000 Pemuda dari Seluruh Dunia Akan Kumpul di Jakarta

Konferensi pers JCI ASPAC 2023.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Life – Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Junior Chamber International (JCI) Asia Pacific Conference (ASPAC) 2023 di Jakarta selama 4 hari dari tanggal 7-10 Juni 2023 yang akan dihadiri sekitar 3.500-6.000 delegasi anggota JCI dari berbagai negara di Asia Pasific dan negara lainnya.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

ASPAC 2023 mengambil tempat di Hotel Sultan serta Jakarta Convention Center (JCC) untuk acara pembukaan dan penutupannya. Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah JCI ASPAC 2023 diputuskan saat JCI ASPAC 2021 di Taiwan dan merupakan upaya panjang bersama kepengurusan tahun-tahun sebelumnya.

JCI adalah organisasi kepemudaan Internasional terbesar di dunia yang didirikan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada tanggal 13 Oktober 1915, anggotanya adalah para pemuda berusia 18-40 tahun, memiliki alumni lebih dari 2 juta orang dan tersebar lebih dari 115 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di tahun 2019, Indonesia mendapatkan JCI World President pertama dari
yaitu Alexander Tio.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Tokoh pemimpin dunia yang pada masa mudanya adalah anggota JCI antara lain Kofi Annan (Sekjen PBB), Jacques Chirac (Mantan Presiden Perancis), Hugo Banzer (Mantan Presiden Bolivia), Bill Clinton (Mantan Presiden Amerika Serikat), Al Gore (Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat), Yasuhiro Nakasone (Mantan PM Jepang), Keizo Obuchi (Mantan PM Jepang), Taro Aso (Mantan PM Jepang), Pangeran Albert II (Pemimpin Monaco), Poul Schlüter (Mantan PM Denmark), Joseph Estrada (Mantan Presiden Philipina), Michel Hansenne (Dirjen ILO Belgia) dan lainnya.

JCI ASPAC 2023 di Jakarta diharapkan menjadi ASPAC pertama paska pandemi covid-19 yang diselenggarakan secara offline dimana sudah sangat dinantikan oleh anggota JCI di dunia karena sejak 2021 penyelenggaran JCI ASPAC dilakukan secara online dan hybrid.

Inspiratif! Sejak Usia 15 Tahun Gabung UNICEF, Pemuda Ini Beri Les Gratis ke 10 Ribu Anak Pelosok

Menurut Gaudi Agathon, 2022 National President JCI Indonesia, menjadi tuan rumah penyelenggara area conference di JCI merupakan suatu prestasi dan kesempatan berharga karena tidak mudah untuk meyakinkan berbagai negara untuk memilih suatu negara sebagai tuan rumah.

Konferensi pers JCI ASPAC 2023.

Photo :
  • Istimewa

Sepanjang sejarah, Indonesia pernah menjadi tuan rumah JCI ASPAC pada tahun 1999 di Bali dan JCI Business Conference pada tahun 1994 juga di Bali. Sehingga setelah sekian lama baru kali inilah untuk pertama kalinya Jakarta akan menjadi tuan rumah JCI ASPAC.

“Menjadi tuan rumah konferensi JCI diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian nasional paska pandemi COVID-19,” kata Gaudi Agathon dalam konferensi pers di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Gaudi, konferensi ini juga menjadi kesempatan mempromosikan keindahan pariwisata lokal, kesempatan menunjukkan potensi pemuda dan pengusaha muda dalam membina hubungan internasional dan kesempatan mempromosikan organisasi JCI sebagai wadah pembentukan diri generasi muda global yang unggul.

Selama 4 hari agenda JCI ASPAC 2023 di Jakarta akan diisi kegiatan Seminar, Training, Trade Show, General Assembly, JCI forum antar negara membahas isu-isu teraktual yang ada dan penyelesaiannya, pertukaran budaya dalam kegiatan National Nights, Business Forum, Exhibitions, JCI Debating Championship, JCI World Public Speaking Championship, JCI Awards Ceremony, Twinning Chapter, JCI ASPAC Senate Board Meeting dan Farewell Ball (Gala).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya