Alam dan Tuhan Jadi Satu, 6 Fakta Agama Shinto di Jepang

Kuil Shinto di Jepang.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Jepang adalah negara yang memiliki banyak agama. Tapi agama Shinto di Jepang adalah kepercayaan dan praktik agama asli Jepang. Kata Shinto, yang secara harfiah berarti "jalan kami" (umumnya kekuatan suci atau ilahi, khususnya berbagai dewa atau dewa), mulai digunakan untuk membedakan kepercayaan asli Jepang dari agama Buddha, yang telah diperkenalkan ke Jepang pada abad ke-6 Masehi.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Dilansir dari Birtanicca, kami, jamak kami, objek pemujaan dalam Shinto dan agama asli Jepang lainnya. Istilah kami sering diterjemahkan sebagai "dewa", "tuan", atau "dewa", tetapi juga mencakup kekuatan alam lainnya, baik dan jahat, yang, karena keunggulan atau keilahiannya, menjadi objek penghormatan dan penghormatan.

Shinto tidak memiliki pendiri, tidak ada kitab suci resmi dalam arti sempit, dan tidak memiliki dogma yang tetap, tetapi Shinto telah mempertahankan keyakinan panduannya selama berabad-abad. Simak fakta agama Shinto di Jepang menurut Tsunagu Japan.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

1. Shintoisme atau Shinto adalah agama Jepang.

Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

Plakat EMA dalam kuil Shinto

Photo :
  • unsplash.com

Shintoisme lahir di Jepang, dari kepercayaan rakyat dan pemujaan alam di desa-desa kecil di Jepang. Secara bertahap tumbuh di seluruh Jepang dan dilembagakan sebagai agama yang disebut Shintoisme.

2. Dalam Shintoisme, alam dan dewa dipandang sebagai satu.

Jalan Antara Kuil Shinto

Photo :
  • Pexels

Dari kepercayaan rakyat kuno di desa-desa kecil Jepang, berbagai aspek alam, dan alam itu sendiri disembah dan diyakini sebagai dewa. Misalnya, gunung itu sendiri akan disembah sebagai dewa.

3. Dalam Shintoisme, dewa adalah makhluk yang dekat dan akrab.

Dewa agama Shinto di Jepang dianggap sebagai pelindung rakyat. Mereka memberikan tips hidup atau membantu mereka sedikit dalam hidup dengan kekuatan alam yang brutal. Ada beberapa dewa yang menyebabkan kekacauan, tetapi kebanyakan dewa itu damai.

4. Dewa Shinto yang terkenal adalah Ujigami

Kuil Shinto di Jepang.

Photo :
  • Pexels

Ujigami adalah dewa yang disembah oleh orang-orang yang tinggal di wilayah tertentu. Dengan memuja dewa ini, orang-orang berdoa agar dewa menjaga wilayah tersebut. Orang percaya Ujigami disebut Ujiko, dan kuil yang memuja Ujigami disebut Ujiyashiro. Pemujaan Ujigami terlihat di seluruh Jepang. Contoh pemujaan Ujigami yang terkenal adalah Kuil Itsukushima di Hiroshima, yang ditunjukkan pada gambar di atas.

5. Tidak ada pendiri Shintoisme yang jelas

Dalam Kekristenan, ada Yesus Kristus. Dalam agama Shinto di Jepang, tidak ada nabi, atau pendiri. Sebaliknya, dari periode Nara, Shintoisme direkonstruksi dengan agama Buddha sebagai satu agama. Situasi ini berubah pada periode Meiji, di mana mereka memadukan penyembahan kaisar dengan Shintoisme. Shintoisme ini disebut Shintoisme Kokka. Ketika Perang Dunia II berakhir, Shintoisme Kokka memudar. Saat ini, kita memiliki Shintoisme yang berlangsung di kuil-kuil, yang disebut Shintoisme Jinja.

6. Dalam Shintoisme, ritual yang disebut Saishi adalah cara untuk menghubungkan manusia dan dewa

Kuil Shinto

Photo :
  • Pexels

Ada 11 jenis Saishi yang dilakukan dalam agama Shinto di Jepang. Dengan melakukan ritual ini, orang menunjukkan pengabdian mereka kepada para dewa dan menerima perwalian atau kemakmuran sebagai imbalannya. Saishi ini juga disebut Omatsuri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya