Terobosan Keren Pemkab Jember

Layanan Perpajakan Online Melalui Situs Pajak
Sumber :

VIVA Nasional – Masyarakat menyambut gembira berbagai terobosan yang di buat Bupati Jember, Jawa Timur, Hendy Siswanto. Jember saat ini memang semakin banyak mengalami kemajuan terutama dalam hal pelayanan pada masyarakat.

Istana Akui Food Estate Memang Perlu Dievaluasi Impelementasinya

"Perkembangan di Kabupaten Jember di bawah kepemimpinan Bupati Pak Hendy semakin baik. Infrastruktur misalnya, jalan-jalan di Jember sudah rata, bagus, tak ada lagi jalan yang rusak, pokoknya keren lah," ujar seorang mahasiswa bernama Puguh saat dimintai komentarnya belum lama ini.

Seorang mahasiswi perguruan tinggi di Jember bernama Cahya mengaku kepemimpinan bupati sekarang ini sudah semakin lebih baik. Cahya mengambil contoh dalam hal pendidikan. Dibawah Bupati Hendy Siswanto kata dia, pendidikan semakin merata yang bisa terjangkau oleh lapisan masyarakat.

Yusril Sebut Prabowo Bakal Bentuk Badan Hukum Baru Jika Jadi Presiden di 2024

Dengan demikian Cahya berharap, Jember bisa semakin dikenal luas sebagai kota kabupaten yang maju, tidak saja di Pulau Jawa, tetapi dikenal oleh masyarakat Indonesia karena kemajuannya.

Seperti diketahui, kemajuan pembangunan Kabupaten Jember di bawah pimpinan Hendy juga mencakup sistem digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini merupakan terobosan dalam meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Misalnya saja pembayaran seluruh jenis pajak daerah, masyarakat di Kabupaten Jember sudah melakukan pembayaran secara online Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Jember menamai 'J-Mbako', akronim dari Jember Mbayar Pajak Online. 

Puji Jokowi, Ganjar Pranowo: Kader Terbaik PDIP, Berhasil Lakukan Terobosan!!

Saat meresmikan aplikasi J-Mbako belum lama ini, Hendy mengatakan, aplikasi ini sebuah inovasi yang bertujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam membayar kewajibannya, serta memberikan pilihan yang lebih beragam. 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember tidak ketinggalan melakukan inovasi digitalisasi. Untuk kecepatan dan ketepatan, Dinas ini menyelenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan kepada para operator Dispendukcapil setiap Kecamatan. 

Melalui SIAK, pencatatan kependudukan langsung tersentral ke pemerintah pusat.

Hendy Siswanto menambahkan, aplikasi ‘SIAK’ Kabupaten Jember, dapat membangun suatu problem solving. "Kita harapkan, bahwa pelayanan adminduk bisa tuntas di kecamatan, bahkan di desa atau kelurahan," ujarnya.

Tak hanya itu, Kabupaten Jember pun sudah memiliki aplikasi Jember Membangun Melalui Keluarga disingkat J- Bangga dan diresmikan Bupati Hendy Siswanto bertepatan pada Hari Keluarga Nasional, baru-baru ini. Aplikasi ini berada dibawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB). 

Ada 3 jenis pelayanan utama dalam aplikasi J-Bangga, yaitu J-Perempuan Berdaya, J-Keluarga Berkualitas serta J-Anak Terlindungi. 

Kabupaten Jember memang patut diacungi jempol. Hendy perlahan membawa sejumlah kemajuan dan perubahan di daerah yang dipimpinnya. Hal ini ditandai peresmian gedung baru Dinas Komunikasi dan Informatika yang beralamat di kompleks Gedung Serba Guna Kaliwates , Jember.

"Saya bangga dengan fasilitas baru yang kita miliki. Lebih bangga lagi karena Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember bisa berinovasi tidak kalah dengan daerah lainnya. Ini sebagai bukti bahwa Jember semakin keren," kata Hendy saat acara peresmian gedung baru Dinas Komunikasi dan Informatika, baru -baru ini.

Selain meresmikan gedung baru, Bupati Jember ini sekaligus meluncurkan aplikasi SiKeren dan J-Kopi yang merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember.

Aplikasi SiKeren merupakan Sistem Informasi Kepegawaian dan Kinerja ASN Jember untuk seluruh kegiatan ASN di lingkup Pemkab Jember, sekaligus memonitor pekerjaan ASN agar lebih jelas dan transparansi.

Hebatnya, aplikasi ini terintegrasi dari data Simpeg BKPSDM serta data Dapodik, berbasis website yang bertujuan untuk memonitoring aktivitas yang dilakukan oleh ASN sebagai approval kinerja dari Kepala OPD terkait, memiliki pengaruhnya terhadap kehadiran serta TPP setiap ASN.

Sementara itu, J-Kopi kepanjangan dari Jember Kota Pintar adalah induk dari segala aplikasi yang ada di seluruh OPD di Kabupaten Jember.

Di dalam aplikasi J-Kopi terdapat seluruh pelayanan pemerintah baik di bawah struktural Pemkab Jember maupun instansi pemerintah lainnya di wilayah Kabupaten Jember.

Menurut Hendy, dengan adanya kedua aplikasi tersebut, tidak ada celah bagi ASN untuk malas-malasan dalam bekerja dan melayani masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya