Cara Kominfo dan APJII Bantu UMKM Go Digital

Ilustrasi Pengenalan Digitalisasi UMKM
Sumber :
  • Olsera

VIVA Bisnis – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempertahankan bisnis selama pandemi COVID-19 dengan melakukan transformasi digital alias go digital. Namun, dalam transformasi tersebut perlu dibarengi dengan keterlibatan teknologi dan platform digital.

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Untuk itu, Center for Digital Society (CfDS) bekerjasama dengan Meta, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengadakan kegiatan membahas akselerasi ekonomi digital melalui UMKM. Hal ini sebagai salah satu rangkaian agenda Digital Economy Working Group (DEWG) pada perhelatan G20.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, selain peningkatan literasi digital upaya yang dilakukan oleh Kemkominfo dalam mendukung transformasi digital adalah memberikan wadah untuk pengembangan bisnis UMKM.

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Kominfo memiliki program UMKM Go Online yang bisa diikuti pelaku UMKM. Melalui program ini, UMKM dapat memperoleh ilmu dan memahami proses berjualan secara daring (online) hingga mampu mandiri dan memperluas jaringan pemasaran produk masing-masing," kata Semuel Abrijani Pangerapan, Senin 25 Juli 2022.

Sementara itu, Ketua Umum APJII, Muhammad Arif mengatakan pihaknya dengan aktif memberikan akses di daerah tanpa jaringan internet melalui program desa internet mandiri. Kata dia, program ini menyasar desa-desa di luar daerah tertinggal, terdepan,
dan terluar (3T).

Temuan Makanan dan Minuman Kadaluarsa dan Tak Berizin di Swalayan Jombang, Ini Kata Pj Bupati

“Saat ini kesadaran UMKM untuk memanfaatkan platform digital masih sangat rendah, masih banyak yang menggunakan cara-cara konvensional dalam menjajakan produknya. Maka dari itu, kami selalu berupaya untuk memberikan sosialisasi kepada UMKM terkait keunggulan dari menggunakan platform digital dalam memasarkan produk," kata Arif.

Disisi lain, Co-Chair Digital Economy Working Group G20, Dedy Permadi menambahkan peningkatan ekonomi melalui UMKM dapat dilaksanakan apabila seluruh pemangku kepentingan bekerja sama. Salah satunya mengedukasi pelaku UMKM memanfaatkan ruang digital.

"Melakukan edukasi untuk pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan ruang digital secara positif, produktif, dan kreatif," kata Dedy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya