7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Perawatan Kulit Kepala

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Gatal
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Manfaat lidah buaya untuk rambut mungkin belum diketahui secara jelas oleh beberapa orang. Padahal, lidah buaya ini adalah salah satu obat alami yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai kondisi rambut sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman yang satu ini juga sangat mudah ditemukan di Indonesia, karena bisa hidup dalam berbagai kondisi cuaca. 

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Lidah buaya ini sangat aman dipakai secara langsung ke rambut kamu. Tapi, jika kamu tidak ingin repot-repot mengolah lidah buaya, maka kamu bisa membeli produk yang sudah jadi seperti gel rambut. Lidah buaya ini mengandung vitamin A, C, E, dan B12, asam lemak, asam amino, esencial, zinc, serta mineral tembaga yang baik untuk rambut kepala. 

Terlebih, mempunyai rambut yang sehat berkilau tanpa ketombe adalah harapan untuk banyak orang. Sehingga tidak heran bila pada akhirnya setiap orang mencari cara untuk merawatnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Nah, untuk yang penasaran, berikut ulasan tentang manfaat lidah buaya untuk rambut seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

1. Meredakan Gatal Pada Kulit Kepala

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik
Baru Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Perempuan Indonesia

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah meredakan kulit kepala yang gatal lantaran dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal sebagai ketombe. Gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini dapat diobati dengan lidah buaya, berdasarkan studi dalam Journal of Dermatological Treatment. Peneliti menemukan bahwa lidah buaya mengatasi peradangan. 

Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala. Untuk cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya mentah ke bagian rambut kulit kepala sampai ujungnya. Biarkan lidah buaya selama 30 menit kemudian bilas sampai bersih. 

2. Memperkuat Helai Rambut

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Lidah buaya yang mengandung vitamin A, C, dan E tersebut sangat berkontribusi dalam manfaat lidah buaya untuk rambut. Sebab, ia akan meregenerasi sel dan juga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut yang berkilau. Vitamin B12 dan asam folat dalam lidah buaya juga memiliki peran penting. Mereka akan menjaga rambut supaya tidak rontok. 

Lidah buaya juga akan membantu untuk membersihkan kulit kepala sehingga lebih banyak nutrisi yang bisa menembus folikel rambut. Kemudian, tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih efisien. Enzim proteolytic di dalam juga juga akan membantu untuk memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala.  

3. Mencegah Kerusakan Rambut

Lidah buaya

Photo :
  • Times of India

Lidah buaya sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan rambut karena terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Photochemical and Photobiological Science, lidah buaya bisa memperbaiki kerusakan karena terkena sinar UV. Paparan sinar UV tersebut bisa mengakibatkan rambut kamu kehilangan kilau dan warnanya. 

Paparan sinar matahari juga akan membuatnya menjadi kasar dan kurang elastis yang mengakibatkan kerusakan. Untuk memperoleh lidah buaya untuk rambut ini, oleskan ke kulit kepala kemudian biarkan sampai meresap ke folikel. Cara ini bermanfaat untuk mengondisikan dan memperbaiki rambut kering yang rusak. Setelahnya, bilas dengan memakai sampo. 

4. Memperbaiki Rambut Kering dan Rusak

Kebun lidah buaya di Pantai Jungwok | Foto PLB

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya bermanfaat untuk rambut berminyak, lidah buaya juga dapat dipakai untuk merawat rambut yang rusak. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara menggosokkan lidah buaya ke kulit kepala dan rambut. Kemudian biarkan selama satu jam dan setelah itu bilas dengan menggunakan sampo. 

Selain merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya bisa memperbaiki kerusakan rambut, misalnya karena paparan sinar matahari. Kandungan kolagen dan vitamin B dalam lidah buaya biasanya dipakai untuk mengatasi masalah pada kulit. Khasiat tersebut diyakini bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. 

5. Mengurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Menanam lidah buaya | Foto dok. PLB (Proyek Lidah Buaya)

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya juga bisa bermanfaat dalam mengurangi rasa gatal pada kulit kepala;. Rasa gatal pada kulit kepala ini biasanya diakibatkan oleh dermatitis seboroik atau ketombe. Ketombe adalah sebuah kondisi yang terjadi lantaran kulit kepala yang mengelupas dan meradang. Akibatnya, muncul ketombe dan peradangan, ini bisa dikurangi dengan memakai lidah buaya. 

6. Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Gambar lidah buaya.

Photo :
  • vstory

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah membuat rambut lebih lembut dan mudah untuk diatur. Cara mendapatkan keuntungan yang satu ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke seluruh helai rambut sampai kulit kepala, pijat sebentar, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. 

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ramuan lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa manfaat lidah buaya untuk rambut ini adalah untuk merangsang proses pertumbuhan rambut. Ketika kamu mengoleskan lidah buaya ke rambut dan kulit kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat. Hal ini akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. 

BKSDA Sumatra Barat resor Agam berhasil menyelamatkan seekor Harimau Sumatera.

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wirdateti mengungkap adanya tanda-tanda kehidupan harimau Jawa yang telah dinyatakan punah sejak 1980-an di Sukabumi.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024