Pesawat Jatuh di Selat Madura, TNI AL Kibarkan Bendera Setengah Tiang

VIVA Militer: Wakasal hadiri doa bersama untuk 2 prajurit marinir di Mabesal
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Suasana duka masih menyelimuti tubuh TNI Angkatan Laut akibat insiden maut jatuhnya Pesawat Udara G-36 Bonanza T-2503 di wilayah Selat Madura saat melakukan latihan pertahanan udara Air Defense Exercise (ADEX) Siaga Armada II pada hari Rabu, 7 September 2022 lalu.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Sebagai ungkapan duka cita mendalam bagi dua prajurit TNI Angkatan Laut yang gugur dalam insiden tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) Ahmadi Heri Purwono saat menghadiri Gerakan Nasional Penanaman Sorgum TNI Angkatan Laut di Cariu, Bogor, Jum'at, 9 September 2022.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

"Sejak Kemarin, begitu ada perintah dari Bapak Kasal kita langsung paginya bendera setengah tiang selama tiga hari di seluruh instansi Angkatan Laut," kata Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dia menambahkan, selain mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut,  prajurit TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia juga diperintahkan untuk melakukan doa bersama selama tujuh hari di masing-masing satuan, baik di Kotama, Lantamal, dan Lanal-Lanal seluruh Indonesia.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Hari ini akan dilaksanakan pemakaman di Taman Makam Bahagia TNI AL Sidoarjo, Surabaya. Untuk prajurit TNI AL yang beragama muslim melaksanakan salat ghaib di masing-masing instansi Angkatan Laut," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, insiden jatuhnya pesawat latih TNI Angkatan Laut itu telah menewaskan dua orang prajurit TNI Angkatan Laut, dia adalah Pilot Kapten Laut (P) Anumerta Judistira Eka Permady dan Kopilot Lettu Laut (P) Lettu Laut (P) Anumerta Dendy Kresna Bakti Sabila.

Kedua Almarhum siang ini akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia TNI AL Sidoarjo dengan Inspektur Upacara Danpuspenerbal Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan. Dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono selaku pemimpin tertinggi di Matra Angkatan Laut juga akan hadir dan menyampaikan bela sungkawa secara langsung kepada keluarga dua prajurit pemberani TNI Angkatan Laut tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya