Baca Pesan Ketuhanan Borobudur di Festival Budaya Indonesia Bertutur

Festival Budaya Indonesia Bertutur
Sumber :
  • Ist.

VIVA Travel – Festival Budaya Indonesia Bertutur 2022, digelar. Gondola Team turut berpartisipasi dalam festival ini, dengan membawa konsep instalasi labirin cahaya yang bertema Keesaan Candi Borobudur yang diberi judul 'Oneness'. 

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Pilihan konsep yang dihadirkan oleh Gondola Team berangkat dari payung tema Indonesia Bertutur yaitu mengalami perjalanan masa lalu untuk menuju masa depan, yang diwujudkan sebuah instalasi yang membuat pengunjung dapat merasakan perjalanan Borobudur itu sendiri dan belajar tentang nilai universal yang ada pada Borobudur itu sendiri. 

Yuk, scroll ke bawah!

Ministry of Religious Affairs Launches 360-degree Virtual Tour of Borobudur Temple

Borobudur sengaja dipilih oleh Gondola Team. Selain menjadi warisan budaya dunia, Borobudur juga memiliki nilai-nilai universal yang dapat diterima oleh seluruh manusia, namun juga menyimpan misteri yang tak pernah habis dikupas. 

"Kami ingin bercerita tentang kehidupan yang menuntut kita untuk selalu memilih satu di antara banyak alternatif. Kita belajar dari dini untuk memilih secara bijaksana karena semua pilihan diharapkan selalu menuju kepada Pemilik Hidup," tutur Laila Azra salah satu anggota Gondola Team, dalam keterangannya, Sabtu 10 September 2022. 

Dev-X Kemenag Jadi Sorotan Dibanjiri Pengunjung, Bisa Jelajah Virtual Borobudur

Pengunjung Oneness selain diajak merasakan perjalanan sejarah Borobodur, mereka juga akan belajar tentang misteri Keesaan dari candi Buddha terbesar di dunia yang dikemas secara atraktif. 

Permainan lampu, labirin transparan di area seluas 100 m2 dan ambiens musik yang menenangkan, diharapkan mampu menstimulasi semua indera penikmat seni di Indonesia untuk merasakan kebesaran, keagungan karya besar di masa lampau yang tak lekang dimakan waktu, dan mampu merenungi makna perjalanan dalam menemukan sang Pencipta yang dikemas secara modern dan kekinian. 

Gondola team adalah kelompok seniman yang dibentuk oleh Laila Azra, Ciska Wiharja dan Sapto Wibowo. Oneness adalah karya kolaboratif pertama mereka di bawah naungan Gondola Team. Kolaborasi ini mempunyai mimpi besar menjadi salah satu media eksplorasi seni bagi seniman-seniman Indonesia yang memadukan seni dan gaya hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya