7 Tanda Usus Sehat, Lancar BAB hingga Kejernihan Mental

Ilustrasi usus .
Sumber :
  • Pixabay/Elionas2

VIVA Lifestyle – Seseorang harus memperhatikan kesehatan dirinya sendiri dan mengetahui adakah masalah yang terjadi dalam tubuhnya. Hal itu untuk mendeteksi setiap penyakit yang ada di tubuh. Salah satunya adalah memperhatikan tanda usus sehat dalam tubuh agar tidak mengalami hal-hal yang tak diinginkan. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Tanda usus sehat perlu diperhatikan, karena jika ternyata usus kamu kotor maka akan muncul berbagai masalah kesehatan dalam tubuh khususnya perut. Melansir dari everlywell, berikut ini sejumlah tanda usus yang sehat. 

Yuk scroll ke bawah!

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Buang Air Besar Lancar dan Bebas dari Rasa Sakit

Ilustrasi pergi ke toilet.

Photo :
  • U-Report
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Tanda usus sehat yang pertama adalah bahwa seseorang buang air besar dengan lancar dan terbebas dari rasa sakit perut. Dengan buang air besar sebanyak tiga kali sehari atau tiga kali seminggu berarti usus masih dianggap sehat. 

Selain itu, bentuk, warna dan konsistensi buang air besar juga merupakan indikator penting yang harus diperhatikan. Pergerakan usus yang sehat harus lancar, kencang, dan mudah dikeluarkan. Jika kamu menyadari bahwa kotoranmu keras, terlalu lunak, atau menyakitkan untuk dikeluarkan, kamu mungkin mengalami diare atau sembelit.

2. Tubuh Memiliki Energi yang Konsisten

Menjaga kesehatan dengan joging (foto ilustrasi).

Photo :

Jika kamu secara konsisten melewati hari tanpa perlu tidur siang atau mengonsumsi kafein, itu pertanda baik bahwa tubuhmu mendapatkan nutrisi yang tepat dan menyerapnya dengan benar. 

Mencerna makanan membutuhkan banyak energi, jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, tubuh mungkin mengirim lebih banyak energi yang tersimpan ke usus daripada sistem internal lainnya. Sehingga bisa membuat kamu merasa lelah saat tubuh mencoba mengkompensasi ketidakseimbangan.

3. Jumlah Kentut dan Kembung Normal

Ilustrasi kentut

Photo :
  • Iconfinder

Tanda usus sehat selanjutnya bisa dilihat dari jumlah kentut dan kembung. Berapa jumlah kentut dan kembung yang normal bagi tubuh? Pada umumnya, mengeluarkan gas atau kentut sepanjang hari adalah normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Gas adalah bagian alami dari proses pencernaan dan melepaskannya mencegahnya menumpuk di usus atau perut. Kebanyakan orang sehat mengeluarkan gas hingga 21 kali per hari.

Sementara, jika kamu kelebihan gas, maka dapat menyebabkan sakit perut, ketidaknyamanan dan kembung jika terperangkap. Biasanya ini adalah masalah umum bagi orang yang makan terlalu banyak makanan yang menghasilkan gas, misalnya seperti kacang-kacangan, pati, dan laktosa dalam satu waktu. Namun, infeksi usus, gangguan pencernaan dan beberapa obat juga dapat menyebabkan gas berlebih.

4. Lama Waktu Makanan Menuju Saluran Pencernaan

Ilustrasi usus .

Photo :
  • Pixabay/Elionas2

Dalam hal ini yang dimaksud adalah waktu saat makanan akan berpindah dari mulut ke saluran pencernaan. Tanda usus yang sehat bisa dilihat dari cara makan seseorang. Jika memang sehat, maka biasanya butuh waktu 30 sampai 40 jam tetapi bisa juga memakan waktu hingga 72 jam. 

Meskipun tidak dapat mengukurnya di rumah, buang air besar secara teratur adalah indikator yang baik bahwa makanan bergerak melalui tubuh dengan kecepatan yang sehat.

5. Kejernihan Mental

Ilustrasi pria sehat.

Photo :
  • U-Report

Ternyata kesehatan usus terkait erat dengan kemampuan untuk berkonsentrasi dan tetap waspada secara mental. Jika kamu sering mengalami kabut otak atau kesulitan untuk tetap fokus, kesehatan usus yang buruk bisa menjadi penyebabnya. 

Penyakit celiac dan masalah pencernaan lainnya dapat mengganggu penyerapan nutrisi, sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk mendapatkan energi yang cukup. Pencernaan yang buruk juga dapat mengganggu tidur, membuatnya lebih sulit untuk tetap waspada di siang hari.

6. Respon Tubuh Terhadap Stres 

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Cara sistem pencernaan merespons stres dapat juga menjadi tanda usus sehat atau tidak. Stres dan depresi kronis dapat mengubah keseimbangan mikrobiota di saluran pencernaan, meningkatkan peradangan dan memengaruhi respons metabolisme tubuh terhadap makanan. Jika mengalami masalah pencernaan setelah situasi stres, maka itu dapat membahayakan kesehatan ususmu.

7. Tidak Ada Reaksi Buruk terhadap Makanan

Ilustrasi makan makanan junk food.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, tanda usus sehat adalah kamu tidak akan merasakan reaksi buruk terhadap makanan yang dimakan. Meskipun siapa saja dapat menjadi korban makanan kadaluarsa hingga menimbulkan sakit perut, kembung berlebihan, mual atau diare, tapi seseorang dengan usus yang sehat mungkin tidak akan terlalu merasakannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya