Mata Sembap saat Bangun Tidur, Ini Trik Mengatasinya

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Mata sembap dan membengkak saat bangun tidur, kerap menjadi masalah yang dialami sebagian besar masyarakat. Terlebih, banyak perempuan yang pada akhirnya memakai riasan tebal di sekitar mata demi menutupi mata yang tampilannya kurang segar tersebut.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Dokter Spesialis Kulit, Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, dalam peluncuran L'Oréal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum, mengatakan bahwa mata yang membengkak dan sembap merupakan ciri dari puppy eyes. Pada banyak kasus, puppy eyes disebabkan oleh kelebihan cairan yang menumpuk di kulit sehingga membentuk kantung mata. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, scroll ke bawah.

"Untuk yang fluid retensi (kelebihan cairan), kalau kepala lebih tegak, berdasarkan gravitasi akan turun cairannya. Lalu, kompres dingin bisa membuat vasokonstriksi jadi pembuluh darah nggak melebar, cairannya nggak melebar di sekitar mata. Jadi nggak terlalu puppy eyes banget," tuturnya.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Penumpukan cairan tersebut bisa disebabkan akibat pola makan yang tinggi garam, sehingga dokter Arini menganjurkan untuk membatasi asupan yang gurih dan asin. Selain itu, puppy eyes juga terbentuk lantaran kurang memerhatikan perawatan kulit di sekitar mata.

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken
Kisah Unik Jenderal TNI Bintang 3 yang Ditunjuk Jadi Pangdam Saat Tertidur Lelap

"Skincare cari bahan aktifnya juga. Pertama highlight hyaluronic acid (HA). Yang bisa bantu area mata itu HA. Karena secara natural, akan turun seiring waktu jadi membuat area mata makin lama makin jelek," tambahnya.

Menurut Arini, sejumlah kandungan pada kulit mata pasti akan berkurang seiring waktu seperti kolagen dan HA. Maka, perlu diganti dari perawatan kulit yang bersifat mampu menarik air sehingga kulit akan lebih kenyal.

"Bayangin spons cuci piring, pas dipegang kasar. Kalau kasih air jadi lembut. Kurang lebih seperti itu kalau pakai kandungan HA yang bisa tarik air dengan efektif. Jadi untuk hidrasi," imbuhnya.

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Bahan aktif lain yang turut dibutuhkan adalah kafein yang mampu menekan puppy eyes. Kafein bersifat mengurangi pembuluh darah yang melebar sehingga aliran darah lebih lancar.

"Jadi kalau kasih bahan aktif kafein, peredaran darah lebih lancar. Apalagi yang suka ngemil malam-malam, kalau bangun bisa bikin bengep (matanya). Karena snack kita sodiumnya tinggi, di kecap manis juga tinggi banget, makanya butuh perawatan di mata," tandas dokter Arini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya