Cara Kementan Kembangkan Perkebunan Warga Agar Hasilnya Berkualitas

Panen perkebunan buah warga
Sumber :
  • IG @cantonavid

VIVA Nasional – Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan menggelar rumah pintar pekebun (RPP) di Pontianak beberapa waktu lalu. Acara ini ternyata mendapat respons yang baik dari para pekebun untuk diterapkan dalam rangka memelihara dan mengembangkan kebunnya.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dalam acara tersebut, banyak pula ilmu yang diberikan salah satunya tentang organisme penggangu tumbuhan perkebunan dan cara budidaya tanaman yang baik. 

Ilustrasi-Perkebunan sawit di Indonesia.

Photo :
  • Rainforest Action Network/Nanang Sujana
Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Diketahui Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak merupakan salah satu Unit Pelaksana Tugas (UPT) Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, dengan tugas melaksanakan analisis teknis dan pengembangan proteksi tanaman perkebunan. Pada tahun 2022 RPP yang dilaksanakan BPTP Pontianak ditunjuk sebagai Unit Kerja Quick Wins Direktorat Jenderal Perkebunan.

"Di Rumah Pintar Pekebun BPTP Pontianak menghadirkan berbagai layanan seperti Layanan cepat Identifikasi OPT, Apotek Perlindungan Perkebunan, dan Pojok Literasi yang siapmelayani petani. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu pekebun dalam melakukan usaha budidaya perkebunan," ujar Kepala BPTP Pontianak Gabriel Lulus Puji Hantoro, Rabu 16 November 2022.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Hamparan hijau perkebunan teh wonosari

Photo :
  • U-Report

Gabriel menambahkan, melalui kegiatan RPP ini diharapkan pekebun di wilayah Kabupaten Mempawah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan khususnya mengenai budidaya tanaman perkebunan dan pengendalian OPT perkebunan, serta dapat mengadopsi teknologi yang dihasilkan BPTP Pontianak, dan menerapkan di kebun masing-masing.

"Kedepan diharapkan Rumah Pintar Pekebun ini dapat lebih berkembang dan dapat menjangkau semua pekebun di beberapa daerah, agar dapat membantu pekebun dalam mengembangkan dan memelihara kebunnya, serta menghasilkan komoditas perkebunan yang berkualitas mutu baik," harapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya