Nasdem Buka Wacana Gibran Jadi Cawapres Anies, Pengamat: Sungguh Berbahaya

Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA Politik - Partai Nasdem tengah disorot karena melempar wacana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpeluang bisa jadi cawapres Anies Baswedan. Wacana ini muncul gegara pertemuan Gibran dan Anies, beberapa hari lalu.

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menganalisa wacana yang dilempar elite Nasdem tersebut. Dia menilai berbahaya jika Gibran disodorkan jadi cawapres karena belum siap memikul beban tersebut.

"Sungguh berbahaya kalau Gibtan menjadi cawapres. Kedatangannya belum cukup untuk memikul tugas dan fungsi cawapres," kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Jumat, 18 November 2022.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Dia menilai kinerja Gibran selama jadi Wali Kota Solo juga belum terlihat. Ia menyebut belum ada kebijakan gebrakan yang membuat decak kagum. "Karena itu, sangat spekulatif bila Nasdem berniat menggandengkan Gibran dengan Anies," tutur Jamiluddin.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Bagi dia, Gibran mesti perlu kerja keras membuktikan rekam jejaknya sebelum lompat ke level Pilpres. Menurut dia, putra sulung Presiden Jokowi itu lebih baik kembali jadi Wali Koyta Solo untuk periode kedua.

"Jadi, Gibran levelnya masih untuk wali kota. Dia perlu mematahkan dirinya sekali lagi menjadi wali kota untuk kemudian berpikir menjadi cawapres. Itupun kalau dia sukses menjadi wali kota," jelas Jamiluddin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Ali menyebut pihaknya bisa saja membuka peluang Gibran jadi cawapres. Hal itu jika Gibran berkenan. 

Dia menyinggung Nasdem sudah membebaskan Anies untuk menentukan siapa  cawapres pendampingnya di 2024. "Tapi, kalau kemudian Gibran dipantaskan untuk menjadi cawapres Anies, kenapa tidak?" kata Ali, Selasa, 15 November 2022.

Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali (dua dari kiri) dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Photo :
  • Istimewa

Menurut Ali, sosok Gibran memenuhi kualifikasi untuk menjadi cawapres Anies. Gibran saat ini juga tercatat sebagai kader PDIP. 

Manuver Nasdem itu membuat dua parpol calon rekan koalisi yaitu Demokrat dan PKS sinis. Elite Demokrat meminta Nasdem memperlihatkan komitmennya jika memang ingin berkoalisi dengan pihaknya bersama PKS.

Pun, PKS juga menyindir Nasdem yang bila ingin Gibran jadi cawapres mestinya ditawarkan ke tim kecil. Namun, sejak awal tak ada nama Gibran yang disodorkan Nasdem.

Menurut Jubir PKS Muhammad Kholid, tim kecil yang mewakili Demokrat, Nasdem, dan PKS sudah membahas nama kandidat cawapres pendamping Anies. Dari Demokrat menyodorkan ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono. Lalu, PKS menawarkan kadernya yang juga Wakil Ketua Majelis Syuro yaitu Ahmad Heryawan atau Aher.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya