Awal Mula Bareskrim Temukan Cuitan Diduga Menghina Ibu Negara Iriana

Momen akrab Iriana Jokowi dan Kim Keon-hee
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, sedang mengusut cuitan di sosial media Twitter yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Cuitan itu sempat heboh beberapa waktu lalu. Dimana Iriana berfoto bersama Ibu Negara Korea Selatan di forum KTT G20. Tetapi oleh pemilik salah satu akun di twitter, menambahkan kalimat yang diduga mengandung unsur penghinaan. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan pihaknya melakukan penyelidikan terhadap cuitan tersebut berawal dari patroli siber. 

"Informasi tentang kasus tersebut bermula hasil dari patroli siber yang dilakukan. Patroli tersebut dilakukan secara rutin agar tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyebarkan hal-hal yang negatif serta bisa berimplikasi hukum terhadap pelanggar," kata Adi Vivid saat dihubungi, Sabtu 19 November 2022.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Adi Vivid mengatakan, patroli siber juga dilakukan oleh seluruh jajaran polda di seluruh Indonesia. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat menggunakan media sosial dengan bijak. 

"Tidak hanya dilakukan oleh jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri, tapi juga dilakukan jajaran Direktorat Krimsus dalam hal ini Subdit Siber seluruh Polda satu Indonesia," kata Adi Vivid.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

"Jadi Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar media sosial yang ada hendaknya digunakan untuk hal positif. Jangan disalahgunakan untuk menyebarkan SARA, penghinaan, pornografi, kebencian serta hal negatif lainnya," tambahnya.

Sebagai informasi, momen keakraban Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee dengan Iriana Jokowi saat KTT G20 di Bali, direndahkan oleh seorang netizen dengan akun @koprofilJati. Ada beberapa momen kebersamaan antara Kim Keon Hee dan Iriana Jokowi yang diabadikan baik lewat foto maupun video. 

Adapun dalam unggahan yang dibuat akun @KoprofilJati, Iriana Jokowi seakan-akan dianggap sebagai orang yang melayani istri Presiden Korea Selatan. Berikut isi cuitan akun tersebut: 

“Bi, tolong buatkan tamu kita minum.”

“Baik, nyonya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya