Polisi Tangkap Ketua KNPB, Otak Kerusuhan di Dogiyai Papua

Kabid Humas Polda Papua Kombel Ahmad Musthofa Kamal
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA Nasional - Aparat gabungan TNI-Polri berhasil menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Kabupaten Dogiyai berinisial SG.

Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi

Diduga Jadi Otak Kerusuhan Dogiyai

"Iya ditangkap lantaran diduga menjadi otak dalam kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Rabu, 23 November 2022.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Foto wajah-wajah DPO kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Maybrat penyerang Posramil TNI di Kisor, Maybrat, Papua Barat.

Photo :
  • ANTARA

Ditangkap Saat Isi Bensin di SPBU

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Kamal mengatakan SG ditangkap polisi saat sedang mengisi bensin di SPBU Moanemani, pada Selasa, 22 November 2022, sekitar pukul 10.25 WIT. SG telah dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu, 12 November 2022, lalu.

Lebih lanjut, Kamal menjelaskan penangkapan itu dilakukan setelah mendapat laporan dari warga bahwa SG sedang berada di POM bensin, kemudian anggota melakukan penangkapan.

"Setelah mendapat laporan, anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG kemudian dibawa ke Mapolres Dogiyai," ujarnya.

Sekelompok massa membakar truk yang diduga menabrak bocah berusia lima tahun, di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Sabtu, 12 November 2022.

Photo :
  • ANTARA

Dibawa ke Nabire

Untuk menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai tetap kondusif, SG kemudian dibawa ke Kabupaten Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, kepolisian akan laksanakan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan di Dogiyai, dan ia meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap jaga Dogiyai tetap kondusif.

"Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dengan di kawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya