DUNIA

Unit Kontra Teroris Australia Tidak Punya Kendaraan Operasional

Kamis, 27 April 2017 | 16:45 WIB
Oleh : Dan Conifer
ABC mendapatkan dokumen yang menunjukan unit deradikalisasi Kepolisian Federal Australia tidak punya kendaraan sendiri di Sydney selama berbulan-bulan hingga pertengahan tahun lalu.

Partai Buruh di Australia menilai, masalah yang terjadi di dalam unit anti-terorisme Kepolisian Federal Australia "dapat membahayakan seluruh warga Australia". Pernyataan ini muncul untuk menanggapi terungkapnya informasi yang menyebut bahwa unit ini terhambat untuk menangani kalangan ekstremis karena tidak memiliki mobil.

ABC mendapatkan dokumen yang menunjukan bahwa unit deradikalisasi di Kepolisian Federal Australia (AFP) tidak memiliki kendaraan sendiri di Sydney selama berbulan-bulan hingga pertengahan tahun lalu.
"Saya terkejut jika Pemerintah telah bertindak tidak kompeten," kata Pemimpin Oposisi, Bill Shorten.

"Anda tidak bisa melakukan hal itu dengan harga murah."
Tim Pengalihan AFP bertujuan untuk mencegat ekstremis yang berkembang dari lingkungan rumah dan mengalihkannya dari terorisme.
Tim ini akan merujuk para ekstrimis ke koordinator kekerasan ekstrimisme (CVE) di tingkat negara bagian dan wilayah, yang mengarahkan para partisipan mengikuti program-program dan layanan yang tersedia.
Sebuah laporan dari bulan Juni 2016 mengatakan, dipaksa untuk berbagi mobil "[terus menerus] mempengaruhi kemampuan [tim pengalihan AFP] untuk terlibat dengan peserta program dan layanan CVE".

Unit ini didirikan pada bulan November 2014 sebagai bagian dari paket kontra-terorisme utamanya di pemerintahan Abbott.
Terlepas dari frustrasi yang diungkapkan secara pribadi, juru bicara AFP bersikeras bahwa anggota staf mereka di Sydney memiliki akses ke "pool kendaraan" .
Juru bicara tersebut mengatakan, pasukan yang menangani kekerasan ekstremisme sekarang telah memiliki mobil yang disediakan untuk tim tersebut.

Sementara itu Senator Nick Xenophon mengatakan, situasi ini "sangat gila" dan menawarkan untuk memberi bantuan kepada tim AFP itu.
"Saya akan berkontribusi sekarang juga untuk memastikan mereka memiliki kendaraan sewaan kapanpun mereka butuhkan," kata Senator Xenophon.
"Saya yakin ada cukup banyak anggota Parlemen yang bersedia membantu menyediakan kendaraan sewaan, jika begitu kondisi anggaran mereka.
"Saya pikir kami telah menyelesaikan masalah anggaran tersebut ... untuk menjaga agar warga Australia tetap aman."
Diterjemahkan pukul 14:10 WIB, 27/4/2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

TUTUP