DUNIA

Ledakan guncang kawasan Bandara Damaskus di Suriah

Kamis, 27 April 2017 | 15:05 WIB
suriah
AFP
Sebuah foto yang diabadikan dari daerah kubu pemberontak menunjukkan nyala api dekat Bandara Damaskus.

Ledakan besar telah mengguncang kawasan di sekitar Bandara Internasional Damaskus, sebut lembaga pemantau hak asasi di Suriah (SOHR).

"Ledakan itu besar dan bisa terdengar hingga ke Damaskus," kata Rami Abdel Rahman, kepala SOHR yang berbasis di Inggris.

Menurutnya, letusan disusul oleh kebakaran dahsyat. Belum ada laporan korban di daerah bandara yang terletak 25 kilometer sebelah tenggara Ibu Kota Damaskus. Penyebab ledakan dan kebakaran juga belum jelas.

Stasiun televisi Al Manar, yang dikelola kelompok Hezbollah di Libanon, melaporkan ledakan amat mungkin disebabkan oleh serangan udara Israel. Peristiwa itu, lanjut laporan tersebut, hanya mengakibatkan kerusakan materi.

Serangan udara yang disebut-sebut dilakukan Israel, sebelumnya telah mengenai beberapa lokasi di Suriah. Serangan tersebut dilaporkan menargetkan pengiriman senjata untuk Hezbollah.

Menteri urusan Intelijen Israel, Israel Katz, mengatakan gempuran dekat Damaskus "sejalan dengan kebijakan Israel" dalam mencegah pengiriman senjata.

Katz, yang berbicara kepada stasiun radio militer, tidak secara langsung memastikan Israel berada di balik serangan itu. Namun, dia menegaskan Israel memiliki kewenangan untuk melancarkan operasi jika diperlukan.

Hezbollah bertempur secara terbuka dengan Israel pada 2006 dan terlibat dalam peperangan di Suriah sebagai sekutu pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Perang saudara di Suriah telah berlangsung sejak 2011 dan konflik itu telah menewaskan lebih dari 320.000 orang tanpa ada kejelasan solusi politik.

TUTUP