Mandala Airlines DIY Tidak Tambah Kursi

VIVAnews- Maskapai penerbangan PT Mandala Airlines Yogyakarta mengaku tidak menambah kursi penerbangan menjelang lebaran, karena sudah teratasi dengan baik. Bahkan pesawat yang tersedia  hanya diarahkan ke rute-rute baru seperti Jakarta tujuan Pangkalpinang, Bengkulu, Jambi, dan Pontianak.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

"Lebaran tahun ini  tidak ada extra flight, karena sudah tercover. Selain itu pesawat yang ada diarahkan ke rute-rute yang baru, seperti Jakarta-Pangkalpinang, Jakarta-Bengkulu, Jakarta-Jambi, dan Jakarta-Pontianak,” ujar Kepala Perwakilan PT Mandala Airlines R Wahyu Budiadi saat dikonfirmasi VIVAnews, Selasa, 23 September 2008.

Meski tidak ada penambahan penerbangan seperti tahun lalu,  tahun ini justru mengalami peningkatan frekuensi dari empat kali menjadi tujuh kali penerbangan per harinya. Sehingga ada 20-30 persen kenaikan jumlah penumpang per harinya dibandingkan tahun lalu.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Lebih dari itu, dia optimis tiket akan terjual habis karena pihaknya tidak melayani blockseat. Melainkan hanya diberi kesempatan booking selama delapan jam.

Ini dilakukan agar calon penumpang tidak membooking lebih dari satu penerbangan, dan lebih memberi kesempatan pada calon penumpang lain yang lebih membutuhkan.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

“Saya optimis tiket akan terjual habis mengingat tiket penerbangan untuk arus balik tanggal 3-8 Oktober sudah habis terjual khususnya untuk rute Balikpapan, Banjarmasin, dan Jakarta. Kalaupun masih ada paling 1-10 seat saja. Itupun dalam waktu dekat ini saya rasa sudah laku terjual,” ungkapnya.

Berbeda dengan Garuda Indonesia, musim lebaran tahun ini pihaknya menyediakan 3.388 kursi tambahan untuk rute Jakarta-Yogyakarta.

General Manager Garuda Indonesia Yogyakarta, Didi Triatmojo, mengatakan penambahan kursi penumpang tersebut sejalan dengan kebijakan Garuda Indonesia untuk menambah kapasitas penumpang hingga 44.533 kursi untuk 11 rute penerbangan yang dimulai 25 September-6 Oktober 2008.

“Dengan adanya penambahan kursi, secara otomatis menambah penerbangan sampai 14 kali dari 9 kali penerbangan regular per harinya,” ujar Didi.

Sementara terkait perkembangan tiket, hingga saat ini sudah mencapai 90 persen okupansi. Sebab itu, dirinya optimis tiket bakal terjual habis mengingat animo masyarakat dalam memanfaatkan jasa armada penerbangan masih tinggi.

“Apalagi saat ini harga tiket pesawat hanya beda tipis dengan harga tiket kereta api kelas eksekutif maupun tiket bus eksekutif. Selain itu juga, tidak ada kenaikan tarif penerbangan,” lanjutnya. *laporan koresponden VIVAnews Panca Okta dari Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya