Mengenalkan Teknologi Yang Aman Pada Anak

VIVAnews- Perkembangan teknologi yang makin pesat menjadikan anak-anak sebagai salah satu ‘penikmat’produk-produk canggih ini. Apalagi saat ini kehidupan mereka juga tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Di rumah, di sekolah, dan saat bersama teman-teman, si kecil dikelilingi beragam perangkat teknologi. Terlebih lagi, teknologi internet. Informasi dari dunia maya ini makin mudah diakses.  Tidak mengherankan, jika mereka bisa berjam-jam ‘memelototi’ layar komputer, entah itu bermain game, mencari informasi untuk bahan pelajaran sekolah, atau mencari teman baru.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Teknologi memang selalu memiliki dua sisi. Di satu sisi, Anda harus siap menerima manfaatnya, dan di lain sisi, juga harus siap menanggung dampak negatif dari teknologi tersebut. Nah, dampak negatif tersebutlah yang setidaknya bisa diproteksi orang tua agar anak-anak bisa menikmati teknologi tanpa sembunyi-sembunyi. Jadi, orang tua harus berada selangkah lebih maju dibandingkan anak. Karena lingkungan mampu membuat mereka sangat kritis dan cerdas dalam banyak hal.

Berikut tips dari pakar Teknologi Informasi, Roy Suryo, dalam  acara Unilever Day Care 2008: Persiapkan Orang Tua dan Anak Hadapi Perkembangan Teknologi.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Pertama, Anda sebagai orang tua harus selalu meng- up grade diri dalam berbagai. Cara ini bertujuan untuk menghindari ketidaktahuan Anda tentang apa yang sedang digandrungi buah hati Anda.

Kedua, jangan pernah melarang si kecil untuk mengenal lebih mendalam tentang  teknologi. Kenalkan teknologi sejak dini dan jelaskan dampaknya, baik yang negatif maupun positif.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Ketiga, usahakan untuk selalu mendampingi anak Anda. Sehingga mereka merasa Andalah satu-satunya tempat bertanya, dan mereka tidak mencari informasi di tempat yang salah.

Keempat, dalam hal memperkenalkan komputer, sebagai langkah awal, coba ajarkan anak menyalakan dan mematikan komputer. Jika anak sudah mahir, isilah komputer Anda dengan software bersifat edutainment.

Kelima, dalam hal mengakses internet, usahakanlah memasang internet sendiri dirumah. Meskipun lebih mahal dibandingkan dari biaya warnet, setidaknya Anda dapat mengontrol si kecil dari rumah. Jangan lupa untuk memasang filter, untuk menghindari anak Anda mengakses situs yang tidak sesuai dengan umur mereka.

Untuk filter, anda dapat men-download (mengunduhnya) antara lain di www.netnanny.com, atau www.cyberpatrol.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya