Kasus Susu Cina

Produsen Minta BPOM Klarifikasi 12 Merek

VIVAnews -- Produsen susu dan makanan bayi meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengecek kembali dan meneliti pengumuman 28 produk yang diduga mengandung melamin. Mereka menduga produk yang membahayakan kesehatan tersebut berasal dari impor ilegal.

Permintaan itu terungkap dalam pertemuan antara empat produsen pengolahan susu dan dua asosiasi makanan bersama pemerintah di kantor Departemen Perindustrian, Jakarta, Rabu (24 September 2008).
Permintaan itu disampaikan terkait perintah BPOM yang meminta 28 produk dari 12 merek makanan dan minuman ditarik dari peredaran. Ke-12 merek itu antara lain adalah Jinwei Yoguoo, Guozhen, Meiji Indoeskrim Gold Monas, Oreo, permen M&Ms, Snickers, Dove Chock, Natura Choice Yogurt, Yili, Nestle Dairy Farm, Dutch Lady Milk, dan White Rabbit Creamy Candy.

Sekretaris Jenderal Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman, Franky Sibarani mengatakan dari hasil pertemuan dicapai beberapa kesimpulan. Di antaranya, produsen membenarkan ada bahan baku yang diimpor dari Cina, tetapi tidak mengandung bahan melamin.

Ada juga produsen yang mengaku produknya dibuat di Cina, tetapi bahan baku diimpor dari Australia. Selain itu, ada pula produsen yang sudah tutup, produsen yang mengimpor produk dari Singapura dan Malaysia, serta mengubah mereknya.

"Kami minta informasi ini segera ditindaklanjuti karena masalah ini sangat sensitif," ujar Franky. Menurut dia, jika informasi negatif ini dibiarkan berkembang sampai 1X24 jam, produsen khawatir kabar tersebut akan memukul produk mereka. Ia juga berharap kabar ini tidak digunakan sebagai bahan kampanye negatif oleh para pesaingnya.

Franky mengingatkan pentingnya penelitian BPOM. Ia memberi contoh kasus peredaran produk permen yang berbahaya tahun lalu ternyata produknya berasal dari impor ilegal karena importirnya tidak memiliki izin. "Kami khawatir kejadian kali ini sama dengan tahun lalu."

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024