Saddam Hussein Ditangkap

VIVAnews - Setelah hampir delapan bulan menghilang, pada 14 Desember 2003, mantan presiden Irak, Saddam Hussein ditangkap pasukan Amerika Serikat.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Saddam ditangkap di sebuah bunker kecil di rumah pertanian di selatan Tikrit. Bersamanya turut ditangkap pula dua orang lain dan disita sejumlah uang dan persenjataan.

Saddam berhasil ditangkap setelah pasukan AS menginterogasi sejumlah kerabatnya. Pada 30 Juni 2004, militer AS menyerahkan Saddam kepada pemerintah Irak di bawah PM Iyad Allawi.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Sehari kemudian, Saddam mulai menjalani sidang pengadilan atas tuduhan kejahatan kemanusiaan. Pada Juli 2005, pengadilan Irak mulai menyidangkan tuduhan pertama atas Saddam terkait perannya dalam pembunuhan warga Syiah di kota Dujail pada tahun 1982.

Setelah berlangsung lebih dari satu tahun, pada 5 November 2006 pengadilan Irak memutuskan Saddam bersalah dan dijatuhi hukuman mati.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Dua terdakwa lain, Barzan al-Tikriti dan Awad Hamed al-Bandar juga dijatuhi hukuman mati. Saddam Hussein dieksekusi pada 30 Desember 2006, setelah Mahkamah Agung Irak menolak upaya bandingnya.

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024