22 Agustus 2009

Badai Morakot, Taiwan Berkabung Tiga Hari

Topan Morakot di Taiwan dan Timur Cina
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, Taiwan memulai masa berkabung selama tiga hari untuk mengenang korban Topan Morakot. Bencana ini merupakan yang terburuk di Taiwan dalam 50 tahun terakhir.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Dua pekan lalu, Topan Morakot menyapu wilayah pegunungan di selatan Taiwan dan menyebabkan 500 orang tewas.

Sabtu pagi, warga Taiwan mengibarkan bendera setengah tiang. Para pejabat pemerintahan menghadiri acara keagamaan untuk memberi penghormatan kepada korban topan. Sementara itu, Presiden Ma-Ying-jeou berjuang mengatasi kemarahan publik akibat respon lamban pemerintah dalam menangani bencana.

Popularitas Ma anjlok hingga di bawah 20 persen, penurunan 30 persen dalam kurun waktu tiga bulan. Media Taiwan setiap hari memuat berita-berita yang mengritik Ma, termasuk media yang biasanya tidak terlalu kritis kepada pemerintah.

Harian The Liberty Times menerbitkan laporan tentang hidangan yang dinikmati menteri ekonomi Taiwan saat hari pertama operasi penyelamatan ribuan warga korban Morakot yang terperangkap banjir. Makanan yang dinikmati  menteri ekonomi itu adalah masakan Jepang seharga US$110.

Tiga pejabat senior, wakil menteri luar negeri, menteri pertahanan, dan sekretaris jenderal kabinet sudah mengundurkan diri karena reputasi mereka yang dicap buruk dalam penanganan bencana. (AP)

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan
VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024