Indonesia - Malaysia Hari Ini Berunding

Sengketa Perbatasan Malaysia
Sumber :
  • Antara/Andika Wahyu

VIVAnews - Delegasi Indonesia pimpinan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa dijadwalkan tiba di Kota Kinabalu Senin pagi untuk berunding dengan Malaysia. Kunjungan kali ini, yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari, telah mendapat perhatian besar dari publik di tengah tegangnya hubungan antar kedua negara.

Kantor Perdana Menteri Malaysia, Wisma Putra, mengungkapkan bahwa kedua delegasi langsung bertemu hari ini. Selain itu, Natalegawa juga mengadakan pertemuan khusus dengan Menlu Anifah Anam sebagai tuan rumah. Selanjutnya, kedua menteri mengadakan jumpa pers pada pukul 15 waktu setempat. Anifah dan Marty juga dijawalkan berbuka puasa bersama

Menurut Wisma Putra, seperti yang dikutip laman harian The Star, pertemuan kedua menteri akan membicarakan insiden maritim 13 Agustus, yang memicu gelombang demonstrasi anti Malaysia di Jakarta.

Natalegawa sebelumnya mengungkapkan bahwa pada pertemuan nanti Indonesia akan mengupayakan percepatan perundingan perbatasan dengan Malaysia. Pasalnya, kedua negara masih memiliki empat segmen wilayah yang berada dalam ranah sengketa, dan sampai saat ini belum ada perundingan yang dilakukan.

"Hal ini sudah digarisbawahi berulang kali, bahwa inilah komitmen pemerintah Indonesia," ujarnya Natalegawa, Jumat 3 September 2010.

Selain itu, kedua menteri akan membahas secara umum hubungan kerja sama Indonesia dan Malaysia. Terkait aksi demonstrasi anti Malaysia yang diwarnai penodaan simbol negara, Natalegawa menyerukan agar masyarakat tidak lagi melakukan reaksi yang berlebihan.

Kunjungan Natalegawa ke Kinabalu menandakan komitmen Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diutarakan 1 September lalu bahwa pemerintah Indonesia saat ini ingin menyelesaikan ketegangan dengan Malaysia melalui langkah diplomasi. (hs)

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi pemain Indonesia U-23 saat ini. Dia mengatakan anak asuhnya sangat down, usai kalah dari Qatar U-23 di Grup A Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024