Dua Kuil Syiah di Afganistan Dibom, 34 Tewas

Polisi di Kabul berjaga pasca pengeboman di kuil Syiah
Sumber :
  • REUTERS/Omar Sobhani

VIVAnews - Ledakan terjadi di dua kuil Syiah di Afganistan saat ratusan jemaah menghadiri perayaan hari Asyura, Selasa 6 Desember 2011. Akibat ledakan tersebut, sedikitnya 34 orang dilaporkan tewas dan 67 lainnya terluka.

Dilansir dari Aljazeera, ledakan pertama terjadi di kuil Syiah di ibukota Kabul, menewaskan 30 orang. Menurut saksi mata, ledakan berasal dari bom bunuh diri yang meledak di depan pintu gerbang kuil pada Selasa pagi.

Ledakan kedua terjadi di kuil Syiah di kota Mazar-i-Sharif, menewaskan empat orang. Bom dibawa menggunakan sepeda dan pelaku meledakkan diri di antara kuil Syiah dan mesjid.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Belum ada kelompok militan manapun yang mengklaim telah melakukan serangan tersebut. Korban tewas diduga akan bertambah karena banyaknya korban luka yang berada dalam keadaan kritis.

Hari Asyura adalah hari libur nasional di Afganistan. Pada hari ini, para pengikut Syiah melakukan perayaan mengenang tewasnya cucu Nabi Muhammad, Hussein, di perang Karbala pada tahun 680.

Sebelumnya pada pemerintahan Taliban, perayaan Syiah semacam ini dilarang oleh pemerintah. Namun, sejak Taliban runtuh, kelompok Syiah mendapat angin. Mereka mulai mendirikan kuil dan mengibarkan bendera-bendera Syiah di Afganistan. (eh)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024