Kata-kata Terakhir Bomber Boston Sebelum Tewas

Lokasi penangkapan pelaku bom boston
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVAnews - Hari itu masih pagi, Jumat 19 April 2013. Di salah satu sudut Kota Watertown, Massachusetts, Amerika Serikat, pemuda Tamerlan Tsarnaev menelepon ibunya di antara suara tembakan.

"Polisi mulai menembaki kami. Mereka mengejar kami," kata Tamerlan (26) kepada ibunya, Zubeidat Tsarnaeva, seperti dikutip Dailymail. Polisi dan FBI memang tengah memburu Tsarnaev bersaudara, yakni Tamerlan dan adiknya, Dzhokhar sebagai tersangka bomber Boston. Mereka diduga terlibat dalam ledakan dua bom di Boston Marathon, 15 April lalu, dan menewaskan 3 orang.

Sebelum menyudahi sambungan telepon di Jumat pagi itu, Tamerlan mengucapkan, "Mama, aku mencintaimu."

Dalam baku tembak dengan polisi, Tamerlan dan adiknya memuntahkan 200 peluru dari senjata yang mereka pegang. Mereka tak mau menyerahkan diri ke polisi.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Sampai akhirnya Tamerlan kehabisan peluru. Saat itu, lah polisi berusaha meringkus dan memborgol Tamerlan. Namun, Dzhokhar yang mengendarai Mercedes SUV datang ingin menolong kakaknya dengan melindas para polisi.

Sontak, polisi berlarian. Namun, kendaraan yang dikemudikan Kemudian, Dzhokhar keluar dari mobil dan lari.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Tamerlan langsung dilarikan ke rumah sakit Beth Israel, namun nyawanya tidak tertolong. Sementara Dzhokhar akhirnya ditangkap dalam keadaan luka berat di dalam perahu di belakang rumah warga Watertown.

Tamerlan Ditelepon FBI?

Sehari sebelumnya, demikian ditulis Wall Street Journal, Zubeidat Tsarnaeva sempat menelepon anaknya setelah insiden ledakan dua bom. Dia khawatir keselamatan anaknya itu.

Namun, kekhawatiran ibunya itu ditepis Tsarnaeva. "Mama, kenapa kau khawatir?" katanya sambil tertawa.

Zubeidat dan suaminya, Anzor Tsarnaev, mengklain bahwa putra tertua mereka itu pernah menerima telepon dari FBI yang menuduh anaknya itu terlibat dalam serangan bom di Boston Marathon. Orangtua menduga,

Saat ini, orangtua Tsarnaev berencana akan datang ke Amerika Serikat untuk melihat kondisi Dzhokhar (19) yang masih dirawat di rumah sakit akibat luka tembakan. Seperti diberitakan, orangtua Tsarnaev tinggal di Dagestan, Rusia.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Melalui sambungan telepon, Zubeidat sempat mengungkapkan kekhawatirannya kepada ABC World News. Dia takut anaknya yang selamat itu akan menghadapi ancaman pidana mati. "Saya kehilangan dua anak," kata dia sambil terisak.

Meski dia memiliki paspor Amerika, namun Zubeidat ragu bisa masuk negara adidaya itu karena kini statusnya adalah ibu tersangka kasus terorisme. (adi)

Ilustrasi Rapat Dewan Keamanan (DK) PBB

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyesalkan kegagalan berulang DK PBB dalam mengesahkan resolusi keanggotaan penuh Palestina.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024