FOTO: Tentara Rusia Tanpa Atribut Berkeliaran di Crimea

Rusia Siap Invasi Ukraina
Sumber :
  • REUTERS/David Mdzinarishvili
VIVAnews -
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng
Pasukan Rusia dilaporkan telah menguasai Crimea, wilayah otonomi di Ukraina. Anehnya pasukan ini tanpa atribut bendera Rusia sama sekali, namun bersenjata lengkap. Presiden Vladimir Putin membantah mereka  tentara Negeri Beruang Merah.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Dalam beberapa foto jepretan
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Reuters , terlihat para tentara yang memakai tudung wajah atau balaclava berkeliaran di Crimea. Senjata mereka tenteng, helm dan rompi tempur lengkap selalu terpasang. Mereka siaga perang.


Di bandara internasional Belbek, kota Sevastopol, bahkan terlihat beberapa tentara pasang posisi menembak dengan senapan mengarah ke lapangan. Mereka tanpa atribut sama sekali, membuat kantor berita Reuters menyebutnya "diyakini tentara Rusia."


Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri membantah bahwa mereka adalah pasukan Rusia. Dia mengatakan bahwa pasukan tanpa identitas tersebut adalah "tentara pertahanan lokal."


"Untuk menurunkan pasukan, sekarang belum diperlukan, tapi kemungkinan itu ada. Apa yang bisa membuat kami menurunkan kekuatan militer? Itu adalah pilihan terakhir," kata Putin.


Namun bantahan Putin ini dicemooh oleh Barat, terutama Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Obama mengatakan bahwa penjelasan Putin soal invasi mereka ke Crimea tidak bisa membodohi siapapun.


"Ada keyakinan yang kuat bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional. Presiden Putin punya interpretasi yang berbeda. Saya kira ini tidak bisa membodohi siapapun," kata Obama, dilansir
Telegraph.
Ada sekitar 388 kapal perang Rusia di wilayah baratdaya Crimea itu, termasuk 14 kapal selam diesel. Selain itu, ada 161 jet tempur di pangkalan udara yang disewa Rusia di Gvardeiskoye (sebelah utara Simferopol) dan Sevastopol.


Total ada 25.000 personel militer Rusia di Crimea, belum termasuk staf sipil. Jika dihitung juga keluarga mereka yang ikut tinggal di komplek militer Crimea, total ada lebih dari 100.000 orang. (umi)


Foto pasukan yang diyakini tentara Rusia bisa dilihat di
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya