Warga Uighur yang Dideportasi Serang Polisi Thailand & China

Ilustrasi/Orang-orang Muslim Uighur yang dideportasi Thailand ke China.
Sumber :
  • Reuters/Athit Perawongmetha
VIVA.co.id
China Keluarkan UU Anti Terorisme Terbaru
- Sebagian dari 109 orang Uighur yang dideportasi dari Thailand ke China, pada Juli lalu, menyerang polisi Thailand dan China saat dibawa masuk ke pesawat, untuk diterbangkan kembali ke Xinjiang.

Pemerintah China Tewaskan 28 Muslim Uighur

Pemerintah Xinjiang yang dikutip
Makan Cumi di Kota Terjauh dari Laut
Reuters , Selasa, 4 Agustus 2015, mengatakan serangan itu terjadi karena adanya keresahan, bahwa mereka akan dieksekusi begitu tiba kembali di Xinjiang.


Keputusan Thailand mendeportasi orang Uighur pada Juli lalu, telah memicu kemarahan Turki, serta kecaman dari kelompok-kelompok HAM, yang khawatir mereka akan mendapat perlakuan buruk.


Pada laporan panjang yang dimuat situs Tianshan, pemerintah Xinjiang mengatakan rumor menyebar seperti kebakaran hutan, diantara orang-orang Uighur yang menunggu  dideportasi.


Termasuk rumor bahwa mereka akan dieksekusi mati. "Beberapa orang menggunakan ini (isu tentang eksekusi), untuk memprovokasi serangan pada polisi Thailand dan China," kata pejabat pemerintah Xinjiang.


Seorang Uighur bernama Kudusi Tuohutiyusufu, mengatakan kondisi mentalnya sudah lebih tenang saat kembali ke Xinjiang. Menurutnya apa yang terjadi, tidak seperti berbagai isu yang dihembuskan.


"Perlakuan polisi pada kami sangat baik. Mereka membawa saya ke dokter dan sekarang luka saya jauh lebih baik," kata Kudusi, yang terluka dalam insiden di bandara.


Pengakuan senada disampaikan perempuan bernama Guliniyazi Shawuti. "Hidup jauh lebih baik setelah kembali. Sangat berbeda dari yang saya dengar akan terjadi, ketika kami akan masuk pesawat," katanya.


Media-media asing dinilai sangat bias dalam membuat pemberitaan. Banyak isu yang dilebihkan, untuk berbagai kasus di negara-negara ketiga, sementara ada beberapa kasus penting di negara-negara Barat yang justru tidak diberitakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya