Presiden Mesir akan Sambangi Indonesia

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi
Sumber :
  • REUTERS/The Egyptian Presidency/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Undang-undang Baru Larang Polisi Mesir Bicara pada Media
- Presiden Mesir, Abdel Fattah Al Sisi akan menyambangi Indonesia pada pekan ini. Kunjungan Al Sisi merupakan bagian tur ke Asia selama tujuh hari. 

Bom Beruntun Meledak di Mesir, 7 Tewas
Dikutip dari situs resmi Pemerintah Mesir, State Information Service (SIS), Minggu, 30 Agustus 2015, Al Sisi bertolak menuju ke Asia sejak hari Sabtu kemarin. Jenderal militer itu akan berhenti pertama kali di Singapura. 

RI Ingin Surplus Dagang dengan Mesir Lampaui Rp12 Triliun
"Presiden Sisi berkunjung ke Singapura untuk memenuhi undangan Presiden Tony Tan. Ini menjadi kunjungan pertama oleh seorang Presiden Mesir, mengingat sejarah dua negara yang dimulai sejak tahun 1966 lalu," tulis situs tersebut. 

Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Singapura, Al Sisi berkunjung di sana mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2015. 

Tujuan kedua, dia akan menyambangi Tiongkok. Di sana, dia akan menghadiri peringatan 70 tahun kemenangan Tiongkok dalam Perang Dunia II

"Presiden Sisi juga akan menggelar beberapa pertemuan dengan beberapa pejabat berwenang untuk menandatangani kesepakatan yang telah diteken oleh kedua pihak selama kunjungan Sisi di Tiongkok tahun lalu," tulis situs itu. 

Terakhir, untuk menutup rangkaian kunjungannya ke Asia, Al Sisi akan menyambangi Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral. Ini menjadi kunjungan pertama Presiden Mesir sejak tahun 1983 lalu. 

"Kemungkinan dalam kunjungan ini, akan dimanfaatkan untuk mempromosikan investasi Indonesia di proyek pembangun Terusan Suez." 

Namun, tanggal kedatangan Al Sisi ke Indonesia belum bisa dipastikan. Al Sisi dilantik sebagai Presiden Mesir pada 6 Juni 2014 untuk menggantikan Mohammed Mursi yang digulingkan dari kursi kepresidenan pada Juni 2013 lalu. 

Hubungan Mesir dan Indonesia begitu kuat, karena negara 1.000 Piramida itu yang mengakui kemerdekaan Indonesia kali pertama secara de jure pada 10 Juni 1947. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya