KBRI Minta Tidak Ada TKI Datang Lagi ke Suriah

KBRI Damaskus saat memulangkan 13 tenaga kerja wanita dari Suriah ke Indonesia.
Sumber :
  • KBRI Damaskus
VIVA.co.id
Situasi Makin Memburuk, TKI di Suriah Kembali Dipulangkan
- Pada Jumat pekan lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus memulangkan 13 tenaga kerja wanita (TKW) yang berada di Suriah ke Tanah Air. Sebelum kembali, perwakilan KBRI Damaskus meminta agar TKW itu tidak menjejakkan kaki di Suriah. 

Tinggal Enam hari, Keluarga Sandera Abu Sayyaf Khawatir
Demikian isi keterangan pers yang diterima VIVA.co.id pada Senin, 31 Agustus 2015. Menurut Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) Kepala Perwakilan RI di Damaskus, Didi Wahyudi, kondisi di Suriah yang masih di tengah peperangan menyebabkan tingkat keamanan minim bagi para TKI.

TKI di Korea Diminta Hentikan Adu Jotos
"Kepada yang dipulangkan hari ini, hendaklah tidak kembali ke Suriah yang sedang dilanda perang. Masih ribuan orang yang harus kami bantu di sini. Pemerintah RI sudah menghentikan pengiriman tenaga kerja ke sini," kata Didi. 

Moratorium telah dikeluarkan Pemerintah RI sejak September 2011. Selain itu, kondisi keamanan di Suriah terus memburuk, sehingga tak aman bagi TKI di sana. 

Pemerintah telah menetapkan TKW yang masuk setelah masa moratorium sejak September 2011 ke Suriah berarti korban dari perdagangan orang. Dengan dipulangkan 13 TKW pada pekan lalu, maka pemerintah total telah memulangkan 7.827 WNI dari Suriah sejak 2011. 

Mereka dipulangkan melalui rute Beirut, Lebanon. Sementara itu, hingga saat ini, masih terdapat 90 TKW yang menanti untuk dipulangkan ke Tanah Air. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya