Sambangi RI, Ratu Denmark Akan Kunjungi Candi di Yogyakarta

Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Sultan: Ratu Denmark Cuma 'Say Hello'
- Ratu Kerajaan Denmark, Margrethe II, akan berkunjung ke Indonesia pada akhir Oktober mendatang. Ini menjadi kunjungan perdana Margrethe II ke Indonesia dan bertepatan dengan perayaan 65 tahun hubungan Denmark dan Indonesia. 

Ratu Denmark Ternyata Bisa Bedakan Batik Tulis dan Cap
Hal itu disampaikan Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge di kediamannya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa, 1 September 2015. Kedatangan Margrethe II akan didampingi suaminya, Pangeran Consort Henrik. 

Sambangi Yogyakarta, Ratu Denmark 'Digoda' Batik
"Kami di sini (Kedutaan Besar) sangat senang karena Beliau memilih dan mau datang ke Indonesia. Sebelumnya, saya sudah beberapa kali bertemu dengan Ratu dan untuk pertama kalinya selama 65 tahun Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Denmark, akhirnya ada kunjungan kerajaan ke Indonesia,” kata Klynge. 

Selain itu, dia merasa bangga, karena kendati usia Ratu Margrethe II sudah mencapai 75 tahun, tetapi masih bersedia untuk datang ke Indonesia. Pangeran Henrik, kata Klynge, juga memiliki beberapa teman dekat di Vietnam dan di beberapa negara Asia lainnya. 

Begitu tiba di Indonesia, Margrethe akan menjejakkan kaki di Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Selain itu, mereka akan melanjutkan kunjungan ke daerah lain yakni Yogyakarta dan Jawa Timur. 

Klynge mengatakan, tidak ada alasan khusus mengenai daerah yang dipilih untuk dikunjungi Ratu. 

"Ratu Margrethe II hanya memilih daerah lain yang jarang dikunjungi oleh tamu negara lainnya. Selain itu, penting agar Ratu dan rombongan mengunjungi daerah lain selain Jakarta, karena Indonesia memiliki banyak provinsi yang indah," kata Klynge. 

Menurut Klynge, Indonesia tidak hanya terbatas pada Jakarta. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, tidak semua tempat bisa dikunjungi. 

Selama di kota Yogyakarta dan Surabaya, Ratu Margrethe II ingin melihat secara langsung keragaman budaya Indonesia. Salah satu tempat yang ingin dikunjungi Ratu adalah candi. Namun, belum diketahui candi mana yang akan disambangi.

Di Yogyakarta terdapat dua candi besar yaitu Prambanan dan Borobudur. Yogyakarta dan Surabaya juga merupakan daerah industri yang cukup maju, sehingga hal itu yang menyebabkan Ratu untuk berkunjung. 

"Denmark memiliki banyak perusahaan besar ternama. Kami juga ingin membagi pengetahuan dan pengalaman di bidang industri di Yogyakarta agar lebih berkembang nantinya. Kami pikir penting sekali mengunjungi daerah lain selain Jakarta untuk menunjukkan keberagaman Indonesia,” dia menambahkan. 

Menurut Klynge, Ratu Margrethe II tertarik untuk mengetahui segala sesuatu mengenai budaya Indonesia. Oleh sebab itu, Kedutaan Denmark juga akan mengenalkan budaya khas mereka. Salah satunya dengan cara mengembangkan sektor lingkungan, industri, dan produk pasar. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya