Pengebom Bangkok Juga Diburu Tiongkok

Petugas militer Thailand mengawal pria yang diduga pembom Bangkok
Sumber :
  • REUTERS/National Council for Peace and Order/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Malaysia Tangkap Delapan Tersangka Bom Bangkok
- Polisi kembali berhasil menangkap tersangka yang diduga terlibat aksi pengeboman di depan Kuil Erawan pada 17 Agustus lalu. Namun, informasi mengenai lokasi penangkapan pria itu masih simpang siur. 

Tersangka Utama Bom Bangkok Kemungkinan Dibekuk di Malaysia
Dikutip dari harian Bangkok Post, Selasa, 2 September 2015, semula Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan o-Cha, mengatakan, pria asing itu ditangkap ketika mencoba menyeberang ke area perbatasan Negeri Gajah Putih ke Kamboja. Dia tertangkap di Distrik Aranyaprathet di Provinsi Sa Kaeo. 

Tersangka Kunci Pemboman Bangkok Kabur ke Turki
Hal itu diperkuat dengan keterangan Mayor Jenderal Srisak Poonprasit, polisi dan pasukan militer yang berpatroli di Distrik Aranyaprathet pada Selasa kemarin melihat pria itu sekitar 500 meter dari perbatasan Thailand dan Kamboja. Dia mengatakan, pria asing itu tengah membawa sebuah tas ransel, mengenakan kaca mata hitam dan topi. 

Pria asing itu berjalan melewati hutan di dekat Desa Ban Dong Ngu. Ketika polisi menggeledah isi tas ranselnya, ditemukan beberapa baju, termasuk sepasang kaus yang mirip dengan yang dikenakan oleh pelaku pengeboman berwarna kuning. 

Sementara itu, keterangan dari pejabat berwenang lainnya di Bangkok dan Phonm Penh justru berbeda. Mereka menyebut, pria asing itu telah ditahan di Phnom Penh sejak dua hari lalu. 

Satu anggota polisi mengatakan tersangka ditahan ketika berada di Bandara Internasional Pochengtong, ketika dia akan terbang ke Turki. Tersangka kemudian dibawa ke area perbatasan Thailand dan Kamboja untuk diserahkan ke otoritas di Negara Gajah Putih pada Selasa kemarin.

Dia dipulangkan kembali ke Thailand melalui area perbatasan Poipet dari Phnom Penh pada 21 Agustus. 

"Thailand yang membocorkan informasi mengenai tersangka. Mereka meminta kami untuk bekerja sama dan menahan dia," ujar seorang pejabat 
berwenang di Kamboja.

Pernyataan berbeda datang dari juru bicara Kamboja, Kirt Chantharith. Dia mengatakan justru tersangka tidak ditangkap oleh otoritas Kamboja.

"Otoritas keamanan Kamboja telah memantau kasus itu, tetapi kami tidak tahu mengenai tersangka," kata Kirt. 

Pernyataan itu diperkuat oleh kalimat militer Thailand, Mayjen Srisak. Dia mengatakan, pria asing itu ditangkap di Thailand. Namun, berdasarkan informasi dari otoritas Kamboja, berita mengenai penangkapan itu tetap dirahasiakan karena tersangka juga tengah diburu oleh otoritas Tiongkok.

Dia tidak mengatakan bahwa tersangka berasal dari etnis Uighur. Namun, foto paspor yang diduga milik tersangka, sudah beredar di dunia maya. Dari foto itu, diketahui nama tersangka yakni Yusufu Mieraili dan berusia 25 tahun. 

Foto paspor terduga pembom Bangkok

(Foto paspor pria asing yang diduga ditangkap kemarin oleh otoritas Bangkok saat akan menyeberang ke Kamboja. (Foto: Bangkok Post))

Tersangka diketahui berasal dari area Xinjiang, Tiongkok. Seperti yang diketahui, Xinjiang merupakan basis kelompok minoritas Muslim Uighur di Tiongkok. 

Kendati begitu, Prayut hingga saat ini belum berani memastikan asal kewarganegaraan. Juru bicara polisi, Prawut Thavornsiri mengatakan, pria asing tersebut memiliki wajah dengan tersangka utama yang terekam di CCTV. Pengebom saat itu mengenakan kaus berwarna kuning, kaca mata, dan memiliki jenggot tipis. 

Kendati belum bisa dipastikan peranan tersangka, tetapi Prawut yakin pria asing itu merupakan kunci utama dan bagian dari jaringan pengeboman Erawan serta Sathon Pier.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya