4-9-1985: Tim Pencari Berhasil Rekam Bangkai Kapal Titanic

Kapal Titanic
Sumber :
  • REUTERS/Christie's
VIVA.co.id
Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien
- 30 Tahun yang lalu, tim pencari berhasil menemukan bangkai kapal Titanic yang tenggelam di Newfoundland, Samudera Atlantik Utara. Kemudian, tim menerjunkan beberapa peralatan untuk mencoba merekam keadaan bangkai di bawah. 

Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam
Stasiun berita BBC melansir bangkai itu ditemukan tim gabungan ekspedisi Amerika Serikat dan Prancis yang dipimpin Dr Robert Ballard. Dia menurunkan sebuah kapal selam tanpa awak yang disebut Argo. 

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92
Bangkai kapal itu terletak di 4 kilometer di dasar laut. Usai berhasil merekam, lima peneliti kemudian menurunkan kamera lainnya yang menghasilkan gambar lebih lebar, sehingga bisa diketahui posisi kapal di dasar laut. 

Untuk bisa menemukan bangkai kapal, dibutuhkan dua kapal dan bantuan dari kapal AS dengan peralatan yang sangat modern. Waktu yang dibutuhkan pun tidak singkat melainkan delapan pekan. 

Kendati tim peneliti telah menurunkan kamera yang menghasilkan gambar berwarna, tetapi mereka tidak berniat mengangkat bangkai kapal tersebut. Salah satu penumpang yang selamat dari tragedi tenggelamnya kapal, Eva Hart, mengaku lega ketika mereka tidak berencana mengganggu lokasi tenggelamnya kapal. 

"Saya merasa itu merupakan makam Ayah dan makam dari 1.500 orang lainnya," kata Hart. 

Ahli pengangkatan bangkai, Kendall McDonald, mengatakan tidak mungkin untuk mengangkat bangkai kapal itu dari dasar laut. 

"Tidak ada benda apa pun yang bisa mengangkatnya dari kedalaman laut. Area itu sudah dianggap seperti halaman khusus," kata McDonald. 

Titanic tenggelam pada 15 April 1912, ketika tengah berlayar dari Southhampton, Inggris menuju ke New York. Namun, ketika dalam perjalanan, kapal menabrak gunung es, sehingga menimbulkan lubang di bagian bawah kapal dan tenggelam. 

Menurut penulis dan cucu dari petugas kapal Titanic, Charles Lightoller, penyebab dari tenggelamnya kapal, karena seorang pejabat terus membujuk kapten kapal agar tetap berlayar kendati telah menabrak gunung es. Sebanyak 1.500 orang tewas dalam tragedi itu. 



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya