Hubungan Bilateral

Universitas Rumania Jalin Kemitraan dengan RI

VIVAnews - Suatu universitas terbesar di Rumania tertarik menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia. Niat itu disampaikan oleh pimpinan Universitas Babe?-Bolyai (UBB) dalam suatu pertemuan dengan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kota Cluj, Rumania, Rabu 28 Oktober 2009.

Siaran pers KBRI Bukares mengungkapkan bahwa Wakil Dekan Fakultas Ilmu Politik, Administrasi Publik dan Komunikasi UBB, Prof. Dacian Drago?, mengusulkan adanya pertukaran informasi, staf pengajar dan mahasiswa antara UBB dengan perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, universitas tersebut juga menawarkan program pertukaran budaya antara Indonesia dengan Romania.

Diskusi meja bundar itu juga membicarakan kemungkinan kerjasama dalam lingkup ASEAN dengan membuat semacam ASEAN Corner di Universitas Babe?-Bolyai.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

KBRI Bukares, yang diwakili oleh Konselor Politik Eddy Mulya, mengusulkan agar pimpinan UBB bisa datang ke Indonesia untuk mengadakan kontak dengan beberapa universitas di Indonesia. Kebetulan, tahun depan akan diselenggarakan pertemuan internasional antar universitas yang mempunyai fakultas administrasi di Bali, Indonesia.

Kepada para akademisi dari Indonesia, Universitas Babes-Bolyai juga menawarkan pengiriman jurnal atau tulisan yang hendak dipublikasikan di universitas tersebut. Diskusi itu juga menjadi ajang tukar menukar informasi mengenai sistem pendidikan tinggi di Romania dan Indonesia.

Universitas Babe?-Bolyai yang didirikan pada tahun 1581 kini memiliki 21 fakultas dengan sekitar 50,000 mahasiswa, dan merupakan universitas terbesar di Romania, bahkan di wilayah Eropa Timur.

Pertemuan tersebut merupakan langkah awal dalam meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Romania dalam rangka meningkatkan hubungan antar warga (people-to-people contact) antar kedua negara.

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024