Kamboja dan Thailand Saling Usir Diplomat

VIVAnews - Ketegangan antara Kamboja dan Thailand kembali meningkat setelah pemerintah Kamboja mengusir diplomat Thailand di Phnom Penh, Kamboja, Kamis 12 November 2009. Thailand membalasnya dengan mengusir diplomat Kamboja di Bangkok.

Seperti dikutip dari laman harian The Nation, Kementrian Luar Negeri Kamboja memerintahkan salah seorang sekretaris pertama kedutaan Thailand untuk meninggalkan Kamboja dalam waktu 48 jam, dimulai sejak pukul 5 sore waktu setempat.

Mengetahui pengusiran itu, juru bicara pemerintah Thailand, Panithan Wattanayakorn, mengatakan bahwa pihaknya juga mengusir sekretaris pertama Kedutaan Kamboja dan memintanya meninggalkan Negeri Gajah Putih tersebut dalam waktu 48 jam.

Sebelumnya, pemerintah Thailand dan Kamboja sudah menarik pulang duta besar masing-masing menyusul pengangkatan mantan Perdana Menteri (PM) Thailand yang menjadi buron kasus korupsi, Thaksin Shinawatra, sebagai penasehat ekonomi Kamboja. Pengangkatan itu membuat Thailand berang. Kemarahan Thailand semakin memuncak karena PM Kamboja, Hun Sen, menolak permintaan ekstradisi Thaksin.

IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan, Saham-saham Ini Patut Dicermati
Kiai Haji Marzuki Mustamar.

Sinyal PKB Usung Kiai Marzuki Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Sinyal PKB Usung Kiai Marzuki Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024